15.000 Tentara dari 14 Negara Latihan Perang Dekat Perbatasan Rusia

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Latihan di Estonia, bagaimanapun, hanyalah satu bagian dari kegiatan militer skala besar NATO di dekat perbatasan Rusia.

Negara Baltik lainnya, Lithuania, menjadi tuan rumah latihan “Serigala Besi” yang melibatkan 3.000 tentara NATO dan 1.000 peralatan militer, termasuk tank Leopard 2 Jerman.

Dua latihan terbesar NATO yakni “Defender Europe” dan “Swift Response” berlangsung di Polandia dan delapan negara lainnya, yang melibatkan 18.000 tentara dari 20 negara, menurut pernyataan NATO pada Jumat.

“Latihan seperti ini menunjukkan NATO berdiri kuat dan siap melindungi negara kita dan bertahan dari ancaman apa pun,” ungkap juru bicara NATO Oana Lungescu.

Dia menambahkan, “Latihan tersebut membantu menghilangkan ruang untuk salah perhitungan atau kesalahpahaman tentang tekad kita melindungi dan mempertahankan setiap inci wilayah sekutu.”

Pasukan Respons NATO saat ini mengambil bagian dalam latihan “Wettener Heide” yang beranggotakan 7.500 orang di Jerman.

Laut Mediterania akan menyaksikan latihan angkatan laut “seri Neptunus” yang melibatkan kelompok serang kapal induk USS Harry S Truman yang akan ditempatkan di bawah komando NATO.

“Ini hanya akan menjadi yang kedua kalinya sejak berakhirnya Perang Dingin bahwa satu kelompok kapal induk AS telah dipindahkan di bawah komando blok militer NATO,” papar pernyataan NATO.

Pada Juni, negara-negara Baltik dan Polandia akan menjadi tuan rumah apa yang digambarkan NATO sebagai “latihan pertahanan rudal dan udara terintegrasi terbesar di Eropa” yang akan melibatkan 23 negara.

Pada akhir April, Finlandia menjadi tuan rumah latihan Angkatan Laut NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)