Profil 2 Istri Mantan Presiden Libya Muammar Gaddafi

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:30 WIB
loading...
Profil 2 Istri Mantan Presiden Libya Muammar Gaddafi
Dua istri mendiang Presiden Libya Muammar Gaddafi. Foto/ist
A A A
TRIPOLI - Muammar Gaddafi merupakan pemimpin Libya yang memerintah pada 1969 sampai 2011. Pria yang lahir pada 1942 ini tewas usai dibunuh para pemberontak pada Agustus 2011.

Peristiwa tersebut membuat kepemimpinan Gaddafi di Libya harus berakhir. Melansir Britannica, salah satu kebijakan Gaddafi yang terkenal adalah memindahkan pangkalan militer dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang berlokasi di Libya pada tahun 1970.

Ia juga mengusir komunitas Yahudi dan Italia dari negaranya. Tiga tahun setelahnya, Gaddafi menasionalisasi seluruh aset minyak milik asing di Libya.

Kehidupan pribadi Gaddafi juga tak lepas dari sorotan. Selama hidupnya, ia memiliki dua mantan istri, yakni Fatiha al-Nuri dan Safia Farkash. Berikut profilnya:

1. Fatiha al-Nuri

Fatiha adalah istri pertama Gaddafi yang berprofesi sebagai seorang guru dan dipersunting pada 1969. Setahun setelahnya, Fatiha dan Gaddafi memutuskan untuk berpisah setelah dikaruniai seorang putra.

Profil 2 Istri Mantan Presiden Libya Muammar Gaddafi


Setelahnya, Gaddafi kembali membangun rumah tangga bersama dengan Safia Farkash di tahun 1970.

2. Safia Farkash

Laman India TV menyebut, Safia adalah perawat yang bertemu Gaddafi di tahun 1969. Kala itu, Gaddafi mengalami radang usus buntu dan harus menjalani perawatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)