4 Negara di Dunia yang Penduduknya Banyak Menggunakan Bahasa Rusia

Sabtu, 14 Mei 2022 - 07:29 WIB
loading...
4 Negara di Dunia yang Penduduknya Banyak Menggunakan Bahasa Rusia
Seseorang membawa roti saat melintasi kerumunan warga etnik Uzbek menunggu melintasi perbatasan Kyrgyzstan dan Uzbekistan. Foto/REUTERS/Shamil Zhumatov
A A A
KIEV - Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan secara luas di dunia. Menurut Ethnologue, tercatat sekitar 265 juta orang yang tersebar di seluruh dunia berbicara dengan bahasa Rusia.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mempengaruhi banyaknya jumlah penutur bahasa Rusia. Seperti pengaruh Uni Soviet sebelum keruntuhannya, hingga status Bahasa Rusia yang menjadi salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara di dunia dengan penutur bahasa Rusia yang cukup banyak. Selain, negara Rusia itu sendiri tentunya.

1. Belarusia

Belarus merupakan negara Eropa Timur yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Rusia. Meskipun telah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1990, namun ikatan linguistik negara ini dengan Rusia tetap kuat.

Kebanyakan orang Belarusia berbicara dengan bahasa Rusia, bahkan sebagian menganggapnya sebagai bahasa utamanya.

Dikutip dari Nordic Trans, Negara ini memiliki dua bahasa resmi, yaitu bahasa Rusia dan bahasa Belarusia.

Tercatat sekitar 70% penduduknya menggunakan bahasa Rusia, sedangkan 23% menggunakan bahasa Belarus. Sisanya adalah para pengguna bahasa Polandia, Ukraina, dan Yiddish Timur.

2. Ukraina

Walaupun saat ini sedang mengalami konflik, namun Ukraina diketahui memiliki penutur bahasa Rusia yang cukup banyak jumlahnya.

Walaupun bukan berstatus bahasa resmi negara, namun sebagian warga negaranya menganggap bahasa Rusia sebagai bahasa Ibu. Sedangkan sebagian lainnya menjadikannya bahasa kedua.

Dikutip dari Fluentu, dengan jumlah populasi sekitar 40 juta lebih, sekitar 14 juta diantaranya merupakan penutur Bahasa Rusia.

3. Kyrgyzstan

Sama halnya dengan Belarusia, bahasa Rusia merupakan bahasa resmi di negara ini bersama bahasa Kyrgyzstan.

Sempat menjadi bagian dari Uni Soviet tentu membuat bahasa Rusia cukup lazim digunakan di negara ini.

Setelah merdeka pada 1991, banyak tuntutan yang akhirnya menjadikan bahasa Rusia menjadi bahasa resmi selain bahasa Kyrgyzstan.

Menurut situs Nordic Trans, bahasa Kyrgyzstan menjadi bahasa dengan penutur tertinggi, yaitu sekitar 3,8 juta orang.

Sedangkan untuk bahasa Rusia menempati posisi kedua dengan jumlah penutur sekitar 2,5 juta orang.

4. Kazakhstan

Satu negara lagi yang menjadikan bahasa Rusia sebagai bahasa resmi adalah Kazakhstan. Tercatat cukup banyak penduduk Kazakhstan yang menggunakan bahasa Rusia.

Hal ini mungkin disebabkan karena sebelumnya negara ini adalah bagian dari Uni Soviet.

Namun, belakangan Kazakhstan telah memulai langkah-langkah dalam tujuannya mengurangi bahasa Rusia.

Termasuk dengan memperkenalkan penggunaan alphabet latin sebagai pengganti Cyrillic. Selain itu, pemerintah juga terus mendorong penggunaan bahasa Kazakh sebagai bahasa utama dalam urusan komunikasi, hingga bisnis dan politik.

Selain keempat negara tersebut, bahasa Rusia juga cukup banyak digunakan di beberapa negara bekas Uni Soviet, seperti Azerbaijan, Latvia, Tajikistan, Turkmenistan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)