Rusia Patut Waspada, Pasukan Ukraina Sukses Tembakkan Rudal Brimstone dari Truk

Jum'at, 13 Mei 2022 - 19:44 WIB
loading...
Rusia Patut Waspada, Pasukan Ukraina Sukses Tembakkan Rudal Brimstone dari Truk
Pasukan Ukraina sukses menembakkan rudal Brimstone buatan Inggris dari truk. Foto/tangkapan layar
A A A
KIEV - Sebuah video yang menunjukkan militer Ukraina sukses menembakkan rudal Brimstone buatan Inggris dari darat muncul di media sosial. Video ini menjadi dokumentasi pertama rudal yang awalnya dirancang untuk di udara itu dapat diimprovisasi diluncurkan dari darat.

Seperti yang dicatat oleh War Zone, video tersebut juga merupakan video pertama dari rudal Brimstone yang dikonfirmasi berada di Ukraina, serta ditembakkan dari peluncur yang diletakkan di belakang truk.

Sementara keadaan saat peluncuran itu dilakukan tidak diketahui. Diyakini peluncuran itu kemungkinan merupakan bagian dari latihan. Dalam video tersebut terlihat rentetan tiga rudal ditembakkan dari truk biasa yang dilapisi terpal seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (13/5/2022).



Keluarga rudal Brimstone, yang dikembangkan oleh konsorsium rudal Eropa MBDA, terdiri dari senjata yang diluncurkan dari darat, permukaan laut, dan udara yang panjangnya sedikit di bawah 1,8 meter dan berat 50 kg.



Fitur yang paling penting adalah bahwa rudal ini memiliki jangkauan 12 hingga 20+ km, dengan jarak terbawah dari kisaran itu lebih mungkin untuk penggunaan darat dan permukaan laut, yang terakhir dikenal sebagai Sea Spear. Sistem panduannya menggunakan pencari radar gelombang milimetrik aktif untuk menyediakan kemampuan di segala cuaca, siang dan malam.

Menurut para ahli, Brimstone dapat meluncurkan serangan salvo dan menemukan target sendiri setelah mencapai wilayah target yang dipilih. Dikatakan berkinerja baik dalam merobohkan kendaraan lapis baja, artileri, dan formasi kapal.

Menurut laporan War Zone, Inggris dilaporkan telah mengembangkan mekanisme peluncuran darat yang dipasang di truk seperti yang terlihat dalam rekaman khusus untuk Ukraina. Gagasan di balik prosedur pengembangan yang dipercepat, di mana Inggris menyelesaikan pengiriman pada jadwal yang begitu singkat, diduga untuk menjepit rak peluncur tiga rudal Brimstone yang digunakan pada pesawat ke sasis yang dipasang di truk.

Menurut video dari pengembangnya, jenis konfigurasi improvisasi ini telah terlihat sebelumnya dalam pengujian Brimstone, terutama dengan varian Sea Spear yang diluncurkan di permukaan laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)