Jaringan Bawah Tanah Rusia Turun Tangan Bantu Pengungsi Ukraina

Kamis, 12 Mei 2022 - 02:05 WIB
loading...
Jaringan Bawah Tanah Rusia Turun Tangan Bantu Pengungsi Ukraina
Jaringan Bawah Tanah Rusia Turun Tangan Bantu Pengungsi Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Pengungsi Ukraina yang enggan berada di bawah kekuasaan Moskow menerima bantuan dari pihak yang tidak terduga: jaringan sukarelawan Rusia yang membantu mereka yang terlantar akibat perang untuk meninggalkan Rusia.

Ketika Bogdan Goncharov, istri dan putrinya yang berusia 7 tahun melarikan diri dari penembakan di kampung halaman mereka di Mariupol pada pertengahan Maret, mereka berakhir di wilayah yang dikuasai Rusia di tenggara Ukraina.



Takut diangkut ribuan kilometer jauhnya setelah mendengar pengungsi lain dikirim ke Siberia, Goncharov mengatakan, dia menghubungi seorang sukarelawan Rusia yang mengatur transportasi bagi mereka melintasi Rusia ke perbatasan Estonia.

"Sungguh keajaiban kami bisa keluar," kata Goncharov, 26 tahun, yang bekerja sebagai pembangun sebelum perang dan sekarang memulai hidup baru di Swedia. "Ini berkat para sukarelawan," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Untuk warga Ukraina terlantar seperti Goncharov yang tidak ingin tetap berada di Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia, para sukarelawan memberikan saran tentang rute perjalanan serta bantuan uang, transportasi, dan akomodasi di sepanjang jalan, menurut sembilan orang yang terlibat dalam aksi tersebut. jaringan longgar atau telah menerima bantuan dari mereka.

Banyak jaringan dijalankan oleh orang Rusia atau orang-orang asal Rusia, menurut empat orang yang terlibat dalam jaringan tersebut. Tiga dari mereka mengatakan sementara sebagian besar sukarelawan berbasis di luar negeri, ada juga beberapa warga negara Rusia yang masih berada di tanah air mereka, dan banyak dari mereka bekerja secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari perhatian otoritas Rusia.



Ini merupakan salah satu cara orang Rusia biasa yang kecewa dengan kehancuran yang disebabkan oleh perang dapat mengungkapkan perasaan mereka pada saat undang-undang domestik secara efektif membatasi kemampuan orang-orang di Rusia untuk secara terbuka mengkritik militer, kata beberapa orang yang diwawancarai oleh Reuters..

Tidak ada undang-undang di Rusia yang secara khusus melarang orang membantu warga Ukraina meninggalkan negara itu. Ada undang-undang terkait organisasi non-pemerintah (LSM) yang memberi pemerintah wewenang untuk menolak pendaftaran jika dianggap terlibat dalam kegiatan yang merugikan kepentingan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)