Dianggap Pro Rusia, PM Hungaria Dimasukkan dalam Daftar Musuh Ukraina

Selasa, 03 Mei 2022 - 22:04 WIB
loading...
Dianggap Pro Rusia, PM Hungaria Dimasukkan dalam Daftar Musuh Ukraina
PM Hungaria (kiri) Victor Orban dimasukkan dalam daftar musuh Ukraina karena dianggap pro Rusia. Foto/Times of Israel
A A A
KIEV - Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban telah ditambahkan ke database online terkenal yang digunakan para aktivis pro-Kiev untuk memasukkan orang-orang yang mereka anggap musuh Ukraina ke dalam daftar hitam.

Situs web Mirotvorets ('Pembuat Perdamaian') yang dibuat pada tahun 2014 sebagai basis data publik "teroris, separatis, tentara bayaran, penjahat perang, dan pembunuh pro-Rusia." Situs ini berisi tautan ke akun media sosial dan informasi pribadi, seperti alamat rumah, telepon, dan email.

Orban terdaftar sebagai kaki tangan penjahat perang Rusia, dan "propagandis anti-Ukraina." Situs web tersebut antara lain menyebutkan bahwa PM Hungaria itu menolak untuk mendukung embargo minyak dan gas Rusia.

Dia juga mematahkan peringkat di UE dengan menolak mengirim senjata ke Ukraina atau mengizinkan transit senjata asing ke Kiev melalui wilayah negaranya seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (3/5/2022).



Orban, yang memenangkan pemilihan kembali bulan lalu, membangun kampanyenya berdasarkan janji untuk menjauhkan Budapest dari konflik Rusia-Ukraina dan, dalam pidato kemenangan, menyebut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai salah satu “lawannya.”

Zelensky memilih menyentil Hungaria selama obrolan video dengan Dewan Eropa pada bulan Maret lalu.

“Kamu harus memutuskan sendiri di pihak mana kamu berada … Dengar, Viktor, apakah kamu tahu apa yang terjadi di Mariupol?” kata Zelensky.

Proyek Mirotvorets menjadi terkenal pada tahun 2015, ketika penulis dan sejarawan Oles Buzina dan politisi Oleg Kalashnikov dibunuh di Ukraina setelah profil mereka muncul di situs tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)