Ucapkan Selamat Idul Fitri, Pemimpin Taliban Muncul di Hadapan Publik

Minggu, 01 Mei 2022 - 22:30 WIB
loading...
Ucapkan Selamat Idul Fitri, Pemimpin Taliban Muncul di Hadapan Publik
Ucapkan Selamat Idul Fitri, Pemimpin Taliban Muncul di Hadapan Publik. FOTO/Reuters
A A A
KANDAHAR - Pemimpin tertinggi Afghanistan yang juga Pemimpin Taliban , muncul di depan umum untuk kedua kalinya dalam enam tahun pada Minggu (1/5/2022). Ia mengatakan kepada jamaah yang merayakan Idul Fitri bahwa Taliban telah mencapai kebebasan dan keamanan sejak merebut kekuasaan tahun lalu.

Berbicara hanya dua hari setelah sebuah bom meledak di sebuah masjid di Kabul, suasana keamanan yang meningkat mengelilingi pria yang dikenal sebagai Hibatullah Akhundzada itu. "Selamat atas kemenangan, kebebasan dan kesuksesan," katanya kepada ribuan jamaah di masjid Eidgah, di selatan kota Kandahar.



Kota Kandahar adalah pusat kekuatan de facto kelompok Islam garis keras itu. "Selamat atas keamanan ini dan untuk sistem Islam," lanjut Akhundzada, seperti dikutip dari AFP.

Akhundzada menyampaikan pidato singkatnya dari salah satu barisan depan jamaah di Kandahar tanpa menoleh ke arah kerumunan, menurut postingan media sosial. Pejabat Taliban tidak mengizinkan wartawan untuk mendekatinya, seorang koresponden AFP melaporkan.

Itu adalah penampilan publik kedua Akhundzada sejak mengambil alih Taliban pada 2016. Pada bulan Oktober, ia mengunjungi masjid Darul Uloom Hakimiah di Kandahar, menurut rekaman audio yang diedarkan oleh akun media sosial Taliban.



Profil rendah Akhundzada telah memicu spekulasi tentang perannya dalam pemerintahan baru Taliban, yang dibentuk setelah kelompok itu menguasai Kabul pada 15 Agustus - dan bahkan rumor kematiannya.

Profil publiknya sebagian besar terbatas pada pelepasan pesan selama hari libur Islam, dan Akhundzada diyakini menghabiskan sebagian besar waktunya di Kandahar.

"Saya sangat senang bahkan tidak bisa menggambarkannya," kata warga Kandahar, Bismillah, yang menghadiri salat Idul Fitri di masjid Eidgah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)