Derita Warga India yang Tinggal Dekat Gunung Sampah di New Delhi

Minggu, 01 Mei 2022 - 18:35 WIB
loading...
Derita Warga India yang Tinggal Dekat Gunung Sampah di New Delhi
Derita Warga India yang Tinggal Dekat Gunung Sampah di New Delhi. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Tinggal di daerah kumuh di dekat salah satu tempat pembuangan sampah di New Delhi, India , Pramod (35) terbiasa dengan bau busuk, lalat, sikap apatis pemerintah, dan sesekali kebakaran. Tapi, penderitaan kian terasa minggu-minggu terakhir ini, karena gelombang panas mendera India.

"Apinya beberapa ratus meter dari rumah saya. Apinya sangat kuat sehingga saya merasa benar-benar menyentuh kulit kami," kata Pramod kepada AFP, di sebuah jalan tidak jauh dari tempat pembuangan sampah Bhalaswa di utara Delhi.



Kobaran api di bukit sampah setinggi 60m itu mulai membara pada Selasa (26/4/2022). Kobaran api itu menerangi langit malam dengan warna oranye apokaliptik dan menyemburkan asap hitam berbahaya.

Hari Jumat masih membara, membuat kabut asap kelabu membumbung ke angkasa saat petugas pemadam kebakaran menyiramnya dengan air untuk hari keempat.

"Saya telah melihat banyak hal dalam hidup, tetapi ketika saya melihat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terbakar, saya ketakutan," kata Pramod. "Saya hanya melihat kebakaran seperti itu di berita atau di TV," lanjutnya.

Tepat di dekat TPA, Deepti Foundation - yang mendidik anak-anak setempat - membuat jendela gedungnya meleleh karena kebakaran, kata koordinator proyek Lalu Mathew.



"Ada banyak polutan memasuki ruang kelas. Sama sekali tidak aman bagi anak-anak untuk duduk dan belajar sesuatu," kata Mathew.

Bhalaswa hanyalah salah satu dari beberapa TPA di Delhi. Ini bukti kegagalan kota tersebut untuk mengelola 12.000 ton sampah padat yang dihasilkan oleh 20 juta orangnya setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)