Turki akan Boikot Latihan NATO, Ini Alasannya

Minggu, 01 Mei 2022 - 00:15 WIB
loading...
Turki akan Boikot Latihan NATO, Ini Alasannya
NATO menggelar latihan militer. Foto/hpcigar.com
A A A
ANKARA - Turki tidak akan berpartisipasi dalam latihan NATO di tengah meningkatnya ketegangan dengan Yunani. Langkah itu diungkapkan media Turki pada Sabtu (30/4/2022), mengutip sumber keamanan.

Ankara dijadwalkan mengirim jet F-16 Fighting Falcon ke latihan tahunan “Tiger Meet”, yang akan diadakan di Pangkalan Udara Araxos di Yunani barat dari 9 Mei hingga 22 Mei.

Menurut laporan, Komando Angkatan Udara Turki menganggap kata-kata yang digunakan Yunani dalam dokumentasi teknis yang berkaitan dengan latihan itu bertentangan dengan hukum internasional dan menuntut agar itu diubah, tetapi Yunani menolak melakukannya.

Baca juga: Ini 2 Presiden di Timur Tengah Yang Dibunuh Pasukan NATO dan Sekutunya, Nomor 2 Dituduh Diktator Kejam

“Terlepas dari semua upaya perdamaian Turki, Yunani yang tidak dapat mentolerir bahkan partisipasi tetangganya dalam latihan di negaranya, menjauhkan latihan itu dari tujuan persahabatan dan interoperabilitas dan mencoba menggunakannya untuk melawan hak dan kepentingan Turki,” papar seorang sumber keamanan, seperti dikutip surat kabar Sabah.

Baca juga: Ukraina Tuding Pasukan Rusia Curi Ratusan Ribu Ton Biji-bijian

“Akibatnya, pada 22 April, Turki membuat keputusan tidak berpartisipasi dalam latihan itu dan memberi tahu negara tuan rumah tentang penarikannya,” ungkap laporan media Turki.

Baca juga: Ukraina: Rusia Gempur Donbas, Tapi Gagal Rebut Wilayah Sasaran

Sementara itu, beberapa laporan menunjukkan sebenarnya Yunani yang memutuskan tidak mengizinkan Turki berpartisipasi dalam latihan NATO sebagai pembalasan atas pelanggaran reguler wilayah udara Yunani oleh jet Turki.

Menurut laporan Voice of America, Yunani mencabut rencana partisipasi Turki dalam “Tiger Meet”, dengan mengatakan Turki "bukan sekutu, atau teman."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1363 seconds (11.97#12.26)