Perdana Menteri Kepulauan Virgin Ditangkap Atas Tuduhan Penyelundupan Narkoba

Jum'at, 29 April 2022 - 20:02 WIB
loading...
Perdana Menteri Kepulauan Virgin Ditangkap Atas Tuduhan Penyelundupan Narkoba
Perdana Menteri Kepulauan Virgin, Andrew Fahie, ditangkap atas tuduhan penyelundupan narkoba. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Perdana Menteri Kepulauan Virgin ditangkap di Miami, Amerika Serikat (AS) pada Kamis waktu setempat. Ia juga dituduh setuju untuk membantu seorang informan federal yang menyamar sebagai anggota kartel Sinaloa memindahkan ribuan kilo kokain melalui pelabuhan negaranya, menurut dokumen pengadilan federal.

Menurut pengaduan yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Miami, pejabat tinggi pelabuhan negara itu juga ditahan atas tuduhan pencucian uang dan konspirasi narkoba.

Menurut pengaduan itu, Perdana Menteri Kepulauan Virgin, Andrew Fahie (51), ditangkap di Bandara Eksekutif Miami-Opa locka setelah dia naik jet pribadi dan memeriksa tas belanja berisi uang tunai USD700.000 atau sekitar Rp10,1 miliar.

"Mengapa saya ditangkap," katanya, menurut dokumen tersebut. "Saya tidak punya uang atau obat-obatan," sambungnya seperti dikutip dari NBC News, Jumat (29/4/2022).

Oleanvine Maynard, direktur pelaksana otoritas pelabuhan negara itu, ditangkap pada Kamis malam setelah pihak berwenang menuduhnya menerima pembayaran USD200.000 atau sekitar Rp2,8 miliar sebagai bagian dari kesepakatan.



"Putra Maynard, Kadeem Maynard, yang dituduh membantu menengahi pengaturan itu, juga ditangkap atas tuduhan konspirasi narkoba dan pencucian uang," kata Anne Milgram, administrator badan anti narkoba AS, DEA.

"Hari ini adalah contoh lain dari tekad DEA untuk meminta pertanggungjawaban anggota pemerintah yang korup karena menggunakan posisi kekuasaan mereka guna menyediakan tempat yang aman bagi pengedar narkoba dan pencuci uang dengan imbalan keuntungan finansial dan politik mereka sendiri," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah pernyataan, Gubernur Kepulauan Virgin Inggris John Rankin mengatakan penyelidikan kriminal itu tidak terkait dengan penyelidikan terpisah yang dipimpin oleh Inggris terkait dugaan korupsi di pulau itu.

"Saya menyadari ini akan menjadi berita mengejutkan bagi orang-orang di wilayah itu," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)