Jerman Akhirnya Setuju Kirim Sistem Persenjataan Berat ke Ukraina

Rabu, 27 April 2022 - 11:38 WIB
loading...
Jerman Akhirnya Setuju Kirim Sistem Persenjataan Berat ke Ukraina
Jerman Akhirnya Setuju Kirim Sistem Persenjataan Berat ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Jerman mengumumkan pengiriman senjata berat pertamanya ke Ukraina untuk membantu Kiev menangkis serangan Rusia . Keputusan ini diambil setelah berminggu-minggu tekanan di dalam dan luar negeri agar pemerintah Jerman segera mengirim persenjataan berat ke Ukraina.

“Pemerintah telah menyetujui pengiriman tank Gepard yang dilengkapi dengan senjata anti-pesawat dari persediaan perusahaan KMW,” kata Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht, seperti dikutip dari Reuters.



Saat ini, Jerman juga tengah berupaya untuk mengurangi ketergantungannya pada energi impor Rusia. Permintaan Ukraina untuk senjata berat telah meningkat sejak Moskow mengalihkan ofensifnya ke wilayah timur Donbas, yang dianggap lebih cocok untuk pertempuran tank daripada di daerah sekitar ibu kota Kiev, di mana sebagian besar pertempuran sebelumnya terjadi.

Pengumuman pengiriman tank Gepard datang setelah laporan pada hari Senin yang menyatakan bahwa perusahaan pertahanan Rheinmetall telah meminta persetujuan pemerintah untuk pengiriman 100 kendaraan tempur infanteri tua Marder dan 88 tank Leopard 1A5 tua ke Ukraina.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin menyambut baik keputusan Jerman untuk "mengirim 50 sistem Cheetah". “Sistem itu akan memberikan kemampuan nyata bagi Ukraina,” katanya setelah pembicaraan dengan Lambrecht dan puluhan rekan mereka di Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman barat.



Sementara Marcel Dirsus, rekan non-residen di Institut Kebijakan Keamanan Universitas Kiel, mengatakan signifikansi sebenarnya dari keputusan Jerman tidak terletak pada perbedaan yang akan dibuat Gepard di medan perang tetapi pada sinyal yang dikirimkannya.

"Ekonomi terbesar Eropa semakin serius mendukung Ukraina, dan lebih banyak bantuan akan datang," katanya.

Sebelumnya, sejumlah kritikus, termasuk Duta Besar Ukraina untuk Jerman, menuduh Berlin menyeret langkahnya dalam memberikan senjata berat ke Ukraina dan pada langkah-langkah lain yang dapat membantu Kiev mengusir pasukan Rusia, seperti embargo impor energi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)