Ukraina Minta PBB Jadi Penjamin Koridor Aman Evakuasi Pabrik Baja Mariupol

Selasa, 26 April 2022 - 03:30 WIB
loading...
Ukraina Minta PBB Jadi Penjamin Koridor Aman Evakuasi Pabrik Baja Mariupol
Ukraina Minta PBB Jadi Penjamin Koridor Aman Evakuasi Pabrik Baja Mariupol. FOTO/Reuters
A A A
MARIUPOL - Ukraina pada Senin (25/4/2022) membantah telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik baja di kota selatan Mariupol . Kiev menyatakan, PBB harus menjadi "pemrakarsa dan penjamin" dari kesepakatan semacam itu.

Sebelumnya, Rusia telah menyatakan pada Senin, bahwa mereka akan membuka koridor kemanusiaan bagi warga sipil untuk meninggalkan pabrik baja besar Azovstal, di mana mereka bersembunyi dengan pejuang Ukraina dan berada di bawah tembakan Rusia.



“Hari ini, pihak Rusia sekali lagi mengumumkan adanya koridor bagi warga sipil untuk meninggalkan Azovstal. Ini bisa dipercaya jika Rusia tidak menghancurkan koridor kemanusiaan berkali-kali sebelumnya,” tulis Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk di aplikasi pesan Telegram, seperti dikutip dari Reuters.

“Penting untuk dipahami bahwa koridor kemanusiaan dibuka dengan kesepakatan kedua belah pihak. Sebuah koridor diumumkan secara sepihak tidak memberikan keamanan, dan karena itu bukan koridor kemanusiaan,” lanjutnya.

Tak lama setelah dia membuat komentarnya, seorang ajudan Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukan Rusia menyerang pabrik baja tersebut. Rusia melancarkan serangan dari udara dan dengan artileri serta tank.



“Rusia berusaha untuk maju dengan kelompok penyerang," kata penasihat politik Oleksiy Arestovych dalam sebuah pidato video, meskipun Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pekan lalu bahwa tidak perlu menyerbu pabrik.

Vereshchuk mengatakan PBB harus mengawasi pengaturan koridor yang aman. “Ukraina telah menyerukan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk menjadi pemrakarsa dan penjamin koridor kemanusiaan dari Azovstal untuk warga sipil,” katanya.

“Perwakilan PBB dan Komite Internasional Palang Merah harus hadir bila ada koridor kemanusiaan didirikan,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)