AS tempatkan 1.000 pasukan tempur di Yordania

Sabtu, 22 Juni 2013 - 15:16 WIB
AS tempatkan 1.000 pasukan tempur di Yordania
AS tempatkan 1.000 pasukan tempur di Yordania
A A A
Sindonews.com - Sekitar 1.000 pasukan tempur AS dengan peralatan lengkap akan ditempatkan di Yordania, setelah latihan untuk mengatasi situasi keamanan yang memburuk akibat konflik di Suriah.

Demikian disampaikan seorang pejabat pertahanan AS. ”Total sekitar 1.000 tentara, bertamabah 250 personel yang telah ditempatkan di sana selama berbulan-bulan,” kata pejabat itu kepada AFP.

Presiden AS, Barack Obama pada Jumat (21/6/2013), dikutip Xinhua Sabtu (22/6/2013), melalui suratnya kepada pemimpin Kongres,mengatakan jumlah pasukan tempur yang ditempatkan di Yordania sebanyak 700 personel.

”Detasemen, seperti yang diminta Pemerintah Yordania, akan tinggal setelah latihan militer berakhir di sana pada Kamis. (Pasukan ditinggal) sampai situasi keamanan menjadi sedemikian rupa sehingga tidak lagi diperlukan,” kata Obama.

”Detasemen ini yang berpartisipasi dalam latihan dan tetap di Yordania termasuk sistem rudal patriot, pesawat tempur, komando, kontrol, personel dan sistem komunikasi,” lanjut Obama.

Dia mengatakan langkah itu ditujukan untuk mendukung keamanan Yordania dan mempromosikan stabilitas regional, karena keduanya terikat kerjasama di bidang keamanan nasional.

Sementara, puluhan ribu warga Suriah telah melarikan diri konflik ke negara-negara tetangga, seperti Yordania dan Turki.

Pemerintahan Obama telah setuju memasok senjata ke pemberontak Suriah. Washington pada pekan lalu menyimpulkan, bahwa Pemerintah Suriah telah menggunakan senjata kimia, termasuk gas sarin perusak saraf untuk melawan kekuatan oposisi.

Sedangkan NATO telah mengerahkan enam rudal patriot untuk melindungi wilayah perbatasan Turki dari ancaman serangan rudal Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3471 seconds (0.1#10.140)