5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Ada yang Hasilkan 10 Juta Karat Per Tahun!

Sabtu, 23 April 2022 - 19:17 WIB
loading...
A A A
Australia juga merupakan negara penghasil berlian terbesar di dunia. Australia memasuki produksi komersial pada tahun 1981 dan dengan cepat menjadi produsen berlian berkualitas permata. Dalam beberapa tahun terakhir, produksi di Australia telah turun tajam karena cadangan di sana telah habis dengan penemuan yang tidak mencukupi untuk menggantikannya. Pada tahun 2013, Rio Tinto membuka tambang berlian bawah tanah Argyle yang baru di Australia Barat. Tambang terbuka di Argyle telah menjadi penghasil berlian yang stabil sejak tahun 1983 dan sumber utama berlian berwarna mewah alami di dunia.

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan dapat dianggap sebagai tempat kelahiran industri berlian modern. Itu terjadi pada tahun 1870-an ketika penambangan dimulai di beberapa pipa berlian di dekat kota Kimberley. Sebelum itu, hampir semua berlian ditambang dari sedimen yang tidak terkonsolidasi, sebagian besar dengan metode artisanal. Afrika Selatan segera menjadi produsen utama berlian berkualitas permata dan memegang posisi itu hingga tahun 1920-an, ketika pertumbuhan produksi di Republik Demokratik Kongo membuat negara itu mendapat gelar negara penghasil berlian teratas.

Afrika Selatan tetap menjadi produsen yang konsisten dan sekarang menambang beberapa juta karat berlian berkualitas permata per tahun. Beberapa dari produksi ini berasal dari pipa berlian yang pertama kali ditambang pada tahun 1800-an. Mereka mulai sebagai pekerjaan tangan di tanah dan batuan lapuk di atas pipa berlian, berkembang sebagai tambang terbuka yang menggali jauh ke dalam kimberlite, dan kemudian pergi ke bawah tanah ketika penambangan terbuka menjadi terlalu mahal.



Afrika Selatan terus memproduksi berlian dari endapan aluvial dan pipa di dalam negeri. Penambangan berlian juga terjadi di sepanjang garis pantai negara itu. Selama jutaan tahun, erosi menghilangkan berlian dari lokasi pedalaman, dan sungai telah membawanya ke pantai dan menjatuhkannya bersama dengan sedimen garis pantai. Berlian ini sekarang sedang ditambang di lepas pantai Afrika Selatan dan bahkan di lepas pantai Namibia di mana mereka telah dibawa oleh arus pantai yang kuat dan aksi gelombang.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)