5 Negara Penghasil Berlian Terbesar di Dunia, Ada yang Hasilkan 10 Juta Karat Per Tahun!

Sabtu, 23 April 2022 - 19:17 WIB
loading...
A A A
Botswana adalah salah satu area pertama di mana pengambilan sampel massal dan pemetaan mineral indikator digunakan untuk mengkarakterisasi dan mengidentifikasi pipa intan di area geografis yang luas dan sulit. Eksplorasi dimulai pada 1950-an dan penambangan berlian dimulai pada 1971. Pada pertengahan 1980-an Botswana memiliki beberapa tambang dengan hasil tertinggi di dunia, dan negara kecil itu termasuk di antara produsen berlian terkemuka di dunia.

Selama lebih dari satu dekade, Botswana telah menjadi produsen berlian nomor dua berdasarkan berat karat dan produsen terkemuka berdasarkan nilai. Ini memegang posisi ini karena ukuran berlian rata-rata lebih besar dari apa yang diproduksi oleh Rusia dan kualitas umum yang lebih tinggi. Tambang Jwaneng Botswana sering disebut sebagai “tambang berlian terkaya di dunia.” Tambang tersebut telah memproduksi sekitar 10 juta karat berlian berkualitas tinggi per tahun. Tambang ini dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Debswana, sebuah perusahaan patungan antara De Beers dan pemerintah Botswana - oleh karena itu diberi nama “Debswana.” Industri berlian adalah kontributor paling penting untuk kegiatan ekonomi di Botswana.

Berlian menyumbang sekitar 60% dari ekspor Botswana dan sekitar 25% dari produk domestik brutonya. De Beers bertanggung jawab atas penjualan semua hasil kasar Debswana dan telah membangun fasilitas penyortiran dan penjualan berlian terbesar di dunia di Gaborone, ibu kota dan kota terbesar Botswana. Di sana, batu yang ditambang oleh De Beers di Botswana, Kanada, Namibia, dan Afrika Selatan disortir dan ditawarkan kepada pembeli dan produsen berlian dari seluruh dunia dalam "penjualan pemandangan" De Beers yang terkenal.

3. Kanada

Negara penghasil berlian terbesar di dunia berikutnya adalah Kanada . Ahli geologi menduga bahwa pipa berlian yang mengandung permata menembus bebatuan Perisai Kanada, tetapi banyak penjelajah berlian paling berpengalaman di dunia gagal menemukannya. Kemudian pada tahun 1991, dua ahli geologi, Chuck Fipke dan Stewart Blusson, menemukan bukti pipa kimberlite yang mengandung berlian sekitar 200 mil di utara Yellowknife, Northwest Territories.

Deposit tersebut terbukti komersial, dan penambangan di sana dimulai pada tahun 1998. Beberapa tambang lain muncul secara berurutan dengan cepat, dengan cepat menjadikan Kanada salah satu produsen berlian terkemuka di dunia. Beberapa tambang Kanada telah ditutup sebagai akibat dari kondisi penambangan yang sulit atau badan bijih yang sedang dikerjakan.



Namun, posisi negara sebagai produsen berlian nomor tiga di dunia tetap dipertahankan. Sebagian besar tambang Kanada berada di lokasi terpencil dan dingin di bagian utara negara itu. Beberapa hanya dapat menerima pasokan berat mereka dengan truk yang berjalan di jalan es yang hanya dapat dilintasi selama bulan-bulan terdingin dalam setahun. Tambang juga harus memiliki semua fasilitas yang dibutuhkan untuk menampung dan mendukung karyawan mereka selama berbulan-bulan. Tambang telah berhasil bahkan ketika menghadapi tantangan yang mahal ini. Berlian Kanada telah populer di kalangan konsumen.

Produsen berlian dan perhiasan di Kanada telah mempromosikan asal negara mereka dengan menuliskan ikat pinggang mereka dengan nomor sertifikat dan logo perdagangan. Ini termasuk daun maple, beruang kutub, simbol CanadaMark atau kata-kata “Ice on Fire.” Prasasti ini meyakinkan konsumen tentang asal berlian mereka, menghubungkannya ke sertifikat, dan telah menjadi fitur pemasaran yang sangat sukses.

4. Australia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)