Bersitegang dengan AS Terkait Taiwan, China Uji Tembak Rudal Hipersonik

Jum'at, 22 April 2022 - 00:39 WIB
loading...
Bersitegang dengan AS Terkait Taiwan, China Uji Tembak Rudal Hipersonik
China dilaporkan melakukan uji coba rudal anti kapal hipersonik. Foto/Tangkapan layar Twitter
A A A
BEIJING - Militer China telah melakukan uji coba rudal anti kapal hipersonik mereka yang paling canggih yang dijuluki YJ-21 atau 'Eagle Strike-21'. Uji coba itu dilakukan jelang perayaan ulang tahun ke-73 Angkatan Laut China, seperti dilaporkan South China Morning Post (SCMP) yang berbasis di Hong Kong pada Kamis (21/4/2022).

Menurut SCMP, yang dinukil Russia Today, sebuah klip video pendek yang muncul di media sosial menunjukkan apa yang tampak sebagai rudal YJ-21 diluncurkan dari kapal perang Tipe 055 China – kapal perusak terbesar dan tercanggih Angkatan Laut China.

Sejumlah laporan terkait spesifikasi rudal itu telah diketahui sejauh ini. Mengutip pakar pertahanan China, SCMP melaporkan bahwa rudal itu mungkin memiliki jangkauan antara 1.000 hingga 1.500 kilometer dan dirancang untuk menargetkan kelompok penyerang kapal induk.



"Rudal YJ-21 yang dibawa kapal, yang memiliki jangkauan hingga 1.000 km, mampu mengenai kapal mana pun dalam kelompok serangan kapal induk, ”kata seorang analis angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie, kepada SCMP.

"Kapal perusak Tipe 055 memiliki hingga 112 sel rudal peluncuran vertikal," tambah surat kabar itu.

Berita itu telah dikutip oleh sejumlah media barat, termasuk The Times, yang mengatakan bahwa rudal itu mungkin menimbulkan "risiko" bagi kapal induk Amerika Serikat (AS).



“Gambar video peluncuran YJ-21, dari kapal penjelajah kelas Renhai Type 055, memicu peringatan dari analis bahwa rudal hipersonik menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi kapal induk Amerika daripada rudal balistik 'carrier-killer' DF-21 dan DF-26 yang sudah dikerahkan oleh angkatan laut China,” kata surat kabar itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)