Aisha Al Muhajiri, Ulama Perempuan Arab Saudi yang Ditangkap Pemerintah

Rabu, 20 April 2022 - 14:19 WIB
loading...
Aisha Al Muhajiri, Ulama Perempuan Arab Saudi yang Ditangkap Pemerintah
Aisha Al Muhajiri, ulama perempuan berusia 65 tahun yang ditangkap otoritas Arab Saudi. Foto/muslim mirror
A A A
RIYADH - Pemerintah Arab Saudi menangkap Aisha Al Muhajiri, ulama perempuan berusia 65 tahun, pada Februari 2021. Penangkapan Aisha dilakukan karena ia terus mengajar membaca Alquran di rumahnya yang terletak di Mekah.

Selain itu, Aisha juga berdakwah di rumah. Tak tanggung-tanggung, anggota dinas intelijen yang menahan Aisha disebutkan mencapai 20 orang.

Dalam peristiwa itu, diamankan pula dua wanita lanjut usia lain yang salah satunya berusia 80 tahun.



Menurut informasi yang dipublikasi akun Twitter Prisoners of Conscience, pihak berwenang juga mengancam akan menahan siapa saja yang bertanya mengenai penangkapan Aisha, termasuk anak-anak dari ulama terkenal itu.



Aisha ditahan di penjara Dhahban, Jeddah. Setelah penangkapan itu, banyak aktivis dan ulama Saudi yang mengecamnya.



Selain Aisha, pemerintah Saudi juga pernah menciduk tokoh agama lain, seperti Aid Al-Qarni, Safar Al-Hawali, dan Salman Al-Ouda.

Rata-rata, penahanan para ulama itu terjadi karena menyuarakan dan mengomentari kebijakan terkini yang dilakukan oleh pemerintah Saudi.

Mereka juga dikhawatirkan bisa mengancam kekuasaan Mohammad bin Salman, sang Putra Mahkota Arab Saudi. Sementara itu, pemerintah Saudi dan otoritas terkait enggan mengomentari penangkapan Aisha.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)