AS Cs Tolak Zona Larangan Terbang, Wladimir Klitschko: Ukraina Akan Tutup Langitnya Sendiri

Rabu, 20 April 2022 - 03:10 WIB
loading...
AS Cs Tolak Zona Larangan Terbang, Wladimir Klitschko: Ukraina Akan Tutup Langitnya Sendiri
Wladimir Klitschko. Foto/Business Insider
A A A
KIEV - Mantan juara tinju dunia kelas berat asal Ukraina Wladimir Klitschko menyatakan negaranya akan menutup langitnya sendiri di tengah perang dengan Rusia . Klitschko mengatakan itu setelah Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menolak permohonan untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas langit Ukraina.

“(Jika) sekutu dan mitra tidak dapat menutup langit (di atas Ukraina), kami akan terus-menerus dibombardir dengan roket dan serangan udara,” ujar Klitschko kepada CNN seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (20/4/2022).

"Jadi jika Anda tidak menutup langit, berikan saja senjata kepada kami. Kami akan menutup langit sendiri. Dan kami memiliki cukup keinginan untuk membela negara kami. Kami hanya membutuhkan peralatan untuk melakukannya," Klitschko menambahkan.



Mantan petinju dan anggota Pertahanan Teritorial Kiev meminta para pemimpin dunia untuk terus memasok senjata ke Ukraina dan untuk meningkatkan sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi tanpa alasan ke Ukraina pada 24 Februari, AS dan sekutu NATO -nya telah menyuplai senjata dan peralatan militer lainnya ke Ukraina.

Namun, Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin NATO telah berulang kali menolak seruan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menerapkan zona larangan terbang di atas negara itu karena akan mengharuskan aliansi itu untuk menembak jatuh pesawat tempur Rusia.

NATO mengatakan bahwa pembentukan zona larangan terbang akan meningkatkan invasi Rusia ke Ukraina, mengubahnya menjadi perang skala penuh di Eropa, yang melibatkan lebih banyak negara dan menyebabkan lebih banyak penderitaan manusia.



Sementara itu, Rusia pada Selasa mengumumkan dimulainya fase baru serangannya terhadap Ukraina di wilayah timur negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)