ABK WNI Korban Kapal Tanker Meledak Alami Luka Bakar

Minggu, 17 April 2022 - 21:40 WIB
loading...
ABK WNI Korban Kapal Tanker Meledak Alami Luka Bakar
5 ABK WNI korban kapal tanker meledak di perairan Hong Kong alami luka bakar. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) kapal tanker yang meledak di perairan Hong Kong mengalami luka bakar bervariasi.

Kemlu mengatakan KJRI Hong Kong telah diberikan akses untuk menemui 5 orang WNI ABK yang dirawat di Queen Marry Hospital yaitu JJ, BS, M, dan RS. Adapun Sdr. AS belum dapat ditemui karena kondisi kesehatan yang belum stabil.



"Para WNI ABK mengalami luka bakar yang bervariasi dari ringan hingga cukup berat," kata Kemlu dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/4/2022).

Menurut Kemlu, petugas medis di Queen Marry Hospital menyampaikan bahwa mereka mengupayakan perawatan medis yang optimal bagi para WNI sehingga dapat pulih dengan cepat.

"KJRI Hong Kong juga telah melakukan komunikasi dengan pihak agensi Kapal Chuang Yi di Hong Kong guna memastikan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan maupun kesehatan para WNI ABK sesuai dengan ketentuan yang berlaku," demikian pernyataan Kemlu.



Seperti diwartakan sebelumnya sebuah kapal tanker dengan nama Chuang Yi terbakar dan meledak di perairan 300 kilometer timur Hong Kong pada Sabtu (16/4/2022). Diinformasikan terdapat 5 kru kapal berkewarganegaraan Indonesia.

Kapal tanker Chuang Yi diketahui adalah kapal berbendera Panama yang pengangkut minyak dan bahan kimia. Kapal tersebut sedang menuju ke Taiwan saat terjadi peristiwa ledakan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)