Mengenal Neptunus, Rudal Jelajah Ukraina Penghancur Kapal Perang Rusia

Minggu, 17 April 2022 - 21:10 WIB
loading...
Mengenal Neptunus, Rudal Jelajah Ukraina Penghancur Kapal Perang Rusia
Mengenal Neptunus, rudal jelajah Ukraina penghancur kapal perang Rusia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Ketika kapal perang utama armada Laut Hitam Rusia , Moskva, rusak parah awal pekan ini, Ukraina segera mengklaim bahwa mereka telah menyerangnya dengan dua rudal. Namun Rusia membantahnya dengan menyebut ledakan dahsyat yang terjadi di atas kapal adalah amunisi yang meledak akibat kebakaran.

Saat sedang ditarik ke pelabuhan, Moskva tenggelam, setelah tidak stabil dalam kondisi badai karena kerusakan lambung, kata Kementerian Pertahanan Rusia kepada kantor berita negara Rusia TASS.

Pada hari Jumat, seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa kapal penjelajah Rusia itu telah dihantam oleh dua rudal anti-kapal Neptunus yang ditembakkan oleh Ukraina dari peluncur darat.



Neptunus adalah rudal buatan Ukraina juga dapat diluncurkan dari kapal atau udara.

Dikutip dari CBS News, Minggu (17/4/2022), panduan peralatan militer AS di seluruh dunia menggambarkan Neptunus sebagai rudal jelajah anti-kapal dengan jangkauan tembak maksimum 280 kilometer, atau sekitar 174 mil.

Kapal perang Rusia, yang memiliki panjangnya sekitar 600 kaki, saat insiden itu terjadi berada sekitar 60 kilometer atau sekitar 37 mil selatan Odesa, yang berada dalam jangkauan Neptunus, kata seorang pejabat pertahanan yang terpisah.



Menurut pejabat kedua, kapal tersebut umumnya memiliki hampir 500 pelaut di dalamnya.

Sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan kepada CNN Kamis bahwa beberapa anggota awak dievakuasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)