Korea Utara Peringati Hari Lahir Pendiri Negara Tanpa Parade Militer

Minggu, 17 April 2022 - 11:15 WIB
loading...
Korea Utara Peringati Hari Lahir Pendiri Negara Tanpa Parade Militer
Korea Utara Peringati Hari Lahir Pendiri Negara Tanpa Parade Militer. FOTO/KCNA
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un nampak mengawasi prosesi publik besar-besaran untuk merayakan ulang tahun pendiri Korut, Kim Il Sung, yang tak lain adalah kakek Jong-un. Adegan itu tergambar dalam foto yang disebarkan kantor berita Korut, KCNA, Sabtu (16/4/2022).

Hari kelahiran Kim Il Sung adalah salah satu tanggal terpenting dalam kalender politik Pyongyang. Namun tak seperti biasanya, peringatan hari lahir Kim Il Sung yang juga dikenal sebagai Hari Matahari, kali ini tak dimeriahkan dengan pertunjukan kekuatan militer.

Baca Juga: Tak Ada Parade Militer, Korut Rayakan HUT Kim Il-sung dengan Dansa dan Kembang Api
Sebelumnya, para analis dan pejabat Korea Selatan (Korsel) serta Amerika Serikat (AS) telah secara luas memperkirakan parade militer atau bahkan uji coba nuklir akan dilakukan oleh Korut untuk merayakan Hari Matahari. Tetapi perayaan kali ini hanya melibatkan parade sipil, tarian yang disinkronkan, dan kembang api.

Foto-foto yang dirilis oleh KCNA menunjukkan ribuan orang berpakaian warna-warni berbaris melalui Lapangan Kim Il Sung di ibu kota saat Jong-un melihat dari balkon.

"Barisan pekerja, penari petani dan lainnya berbaris melewati alun-alun membawa spanduk dan papan bertuliskan slogan-slogan sosialis, dan bendera nasional raksasa,” sebut laporan KCNA.



Hingga kini, tiga generasi keluarga Kim telah memerintah negara itu sejak 1948. Jong-un juga mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, tempat jenazah Kim Il Sung dan putranya, serta penggantinya Kim Jong Il disemayamkan.

Perayaan ulang tahun itu terjadi tiga minggu setelah Korut melakukan uji coba rudal balistik antarbenua terbesar yang pernah ada - pertama kali senjata paling kuat Kim ditembakkan dari jarak penuh sejak 2017.

Uji coba itu adalah puncak dari serangkaian peluncuran yang memecahkan rekor tahun ini dan menandai diakhirinya moratorium uji coba jarak jauh dan nuklir yang dipaksakan sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)