Abaikan Tekanan Barat, India Terima Lebih Banyak Sistem Rudal S-400 Rusia

Sabtu, 16 April 2022 - 01:10 WIB
loading...
Abaikan Tekanan Barat, India Terima Lebih Banyak Sistem Rudal S-400 Rusia
India terima kiriman sistem pertahanan rudal S-400 Rusia meski ada tekanan Barat agar New Delhi berhenti berhubungan dengan Moskow terkait invasi Rusia ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - India telah menerima pesanan sistem pertahanan rudal S-400 lebih banyak dari Rusia. New Delhi mengabaikan tekanan Barat untuk berhenti berhubungan dengan Moskow terkait invasi militernya di Ukraina.

Platform rudal canggih itu tiba di India melalui udara dan laut dan sejak itu telah dikerahkan di lokasi yang ditentukan. Demikian disampaikan seorang pejabat senior pemerintah kepada India Today, yang mencatat bahwa S-400 sekarang beroperasi.

“Kami terus menerima pesanan kami tanpa penundaan atau masalah, dan kiriman terbaru dari mesin yang dirombak diterima beberapa hari yang lalu meskipun perang [di Ukraina],” kata pejabat tersebut yang tidak disebutkan namanya, yang dilansir Jumat (15/4/2022).

Pejabat itu mengatakan Rusia merupakan pemasok senjata utama untuk militer India, yang saat ini menimbun suku cadang dan peralatan. Dia mengakui upaya itu mungkin menghadapi kesulitan di masa depan karena sanksi Barat dan pembatasan sistem perbankan di Moskow.



Pengiriman S-400 terbaru tiba lebih dari sebulan sejak operasi militer Rusia di Ukraina, yang telah memicu gelombang sanksi dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Washington dan sekutunya juga telah berulang kali mendorong India untuk mengakhiri hubungan perdagangan dan keamanannya dengan Rusia, tetapi tekanan tersebut sejauh ini tidak banyak berpengaruh. Selain pengiriman senjata yang berkelanjutan, New Delhi juga setuju untuk membeli lebih banyak minyak dan batu bara Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Pejabat India dan Rusia juga telah membahas mekanisme pembayaran rubel-rupee untuk perdagangan antar negara, menyingkirkan dolar dan euro.

Selama acara di Atlantic Council pada hari Rabu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen memperingatkan bahwa "koalisi terpadu dari negara-negara pemberi sanksi" tidak akan "tidak peduli" terhadap negara-negara yang melemahkan sanksi terhadap Rusia, mengecam mereka yang masih "duduk di pagar".

Akuisisi India atas S-400 secara teknis bertentangan dengan undang-undang AS 2017, Countering American Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA), yang disahkan sebagai tanggapan atas tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilu AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)