Bos CIA Ungkap Ada 2 Ancaman Terbesar yang Sedang Dihadapi AS

Jum'at, 15 April 2022 - 13:02 WIB
loading...
Bos CIA Ungkap Ada 2 Ancaman Terbesar yang Sedang Dihadapi AS
Direktur CIA William Burns. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Direktur CIA William Burns menguraikan dua ancaman besar yang dihadapi Amerika Serikat (AS). Dia menunjuk pada kebangkitan China di panggung dunia dan serangan militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina sebagai tantangan utama.

Dia menyatakan intelijen AS telah memasuki “era baru.” Berbicara di Institut Teknologi Georgia pada Kamis untuk pidato publik pertamanya sebagai kepala CIA, Burns berpendapat, "China yang semakin bermusuhan dan Rusia yang garang serta revisionis telah memaksa badan intelijen membayangkan kembali dirinya sendiri untuk bersaing dengan sukses di era baru ini."

“China Xi Jinping adalah tantangan terbesar kita, dalam banyak hal ujian paling mendalam yang pernah dihadapi CIA,” papar Burns.



Dia menambahkan, “Sebagai dinas intelijen, kita tidak pernah berurusan dengan musuh dengan jangkauan yang lebih luas.”



Menurut dia, China dan Rusia berusaha menyalip AS secara harfiah di setiap domain, dari kekuatan ekonomi hingga kekuatan militer, dan dari luar angkasa hingga dunia maya.



Menyebut China sebagai "mitra diam" dalam "agresi" Rusia terhadap Ukraina, kepala intelijen juga memperingatkan operasi militer yang sedang berlangsung merupakan "ancaman langsung".

Dia menunjukkan bahwa "keputusasaan" di pihak Presiden Rusia Vladimir Putin dapat memicu perang nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)