Ukraina Serang Tiga Desa di Rusia, Sejumlah Warga Terluka

Jum'at, 15 April 2022 - 10:44 WIB
loading...
A A A
Dua helikopter Ukraina diduga meluncurkan roket di desa Klimovo, sekitar 40 km utara perbatasan, tak lama setelah tengah hari. Serangan itu melukai tujuh warga sipil, termasuk seorang anak.

Beberapa saat kemudian, mortir Ukraina tampaknya menembaki sekelompok 30 atau lebih pengungsi yang mencoba menyeberang ke Rusia di pos pemeriksaan di selatan Klimovo.

“Dua mobil sipil rusak, tetapi tidak ada yang terluka,” ungkap penjaga perbatasan Rusia.

Serangkaian serangan artileri dan udara terjadi setelah Kementerian Pertahanan Rusia memperingatkan Ukraina terhadap tindakan tersebut.

Mengangkat insiden sabotase dan serangan yang tidak ditentukan di dalam Rusia, juru bicara kementerian Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, “Angkatan bersenjata Rusia akan menyerang pusat pengambilan keputusan, termasuk Kiev, sesuatu yang sejauh ini kami hindari, jika serangan berlanjut.”

Menyebutnya sebagai isyarat niat baik untuk mempromosikan pembicaraan damai, Rusia telah menarik pasukannya dari wilayah Kiev, Chernigov dan Sumy di Ukraina pada akhir Maret.

Namun, pada titik ini, pasukan Ukraina melancarkan serangan ke Rusia, menargetkan perkemahan militer di dekat Belgorod pada 29 Maret dan mengirim helikopter untuk menyerang fasilitas penyimpanan bahan bakar sipil terdekat beberapa hari kemudian.

Rusia menyerang tetangganya pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina menerapkan ketentuan perjanjian Minsk, yang ditandatangani pada 2014, dan pengakuan akhirnya Moskow atas republik Donbass, Donetsk dan Lugansk.

Protokol yang diperantarai Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada daerah-daerah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)