4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia

Jum'at, 15 April 2022 - 01:31 WIB
loading...
4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia
4 Negara dengan Ketahanan Pangan Terbaik di Dunia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara di kawasan Eropa masih menguasai jajaran negara dengan ketahanan pangan terbaik di dunia. Hal tersebut diketahui berdasarkan data Global Food Security Index tentang Performance of Countries based on their 2021 food security score.

Jika melihat dari UU No.18/2012 tentang pangan, disebutkan bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, kualitas atau mutunya, dan terjangkau serta tidak bertentangan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat.

Lantas, negara mana sajakah yang termasuk dalam deretan negara dengan ketahanan pangan terbaik? Berikut Ulasannya.



1. Irlandia
Irlandia berada di posisi pertama dari deretan negara dengan ketahanan pangan terbaik. Dalam hal ini, Irlandia memperoleh angka 84.0 dari skala 0-100. Negara ini mengalahkan Austria dan Inggris yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Dilansir situs That’s Farming, Irlandia juga pernah meraih predikat ini pada 2017 serta mendapat peringkat kedua setelah Finlandia dalam indeks ketahanan pangan tahun lalu. Irlandia berhasil menekan biaya pangan sembari mengatasi ketidaksetaraan dan memastikan bahwa stok pengamannya telah tersedia.

Irlandia mencatatkan skor 92,9 pada aspek keterjangkauan pangan, kemudian 94 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, 75,1 pada aspek ketersediaan pangan, serta 74,1 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

2. Austria
Berada di posisi kedua, Austria memperoleh nilai keseluruhan 81,3 dari skala 0-100. Negara ini mengungguli Finlandia yang tercatat sebagai negara dengan ketahanan pangan terbaik tahun 2020.

Negara yang terletak di kawasan Eropa Tengah dan memiliki jumlah populasi sekitar 9 juta jiwa mencapai angka 90,5 dalam aspek keterjangkauan pangan. Selain itu, Austria mendapat nilai 91,2 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, serta 65,7 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

Satu aspek lainnya yaitu ketersediaan pangan mendapat nilai 75,2 atau terpaut tipis dari angka ketersediaan pangan Irlandia.



3. Inggris
Inggris menempati posisi ketiga dalam list negara dengan ketahanan pangan terbaik. Dengan skor keseluruhan 81, Inggris berhasil mengungguli beberapa negara Eropa lain seperti Finlandia dan Swiss.

Dilansir situs Government UK, produksi dalam negeri dalam keadaan stabil dengan varian hasil dan permintaan konsumen yang diimbangi oleh impor dan ekspor. Risiko jangka menengah hingga panjang terbesar yang dihadapi adalah perubahan iklim dan tekanan lingkungan seperti degradasi tanah, hingga kualitas air.

Data data indeks ketahanan pangan global tahun 2021, Inggris mendapat nilai 91,1 pada aspek keterjangkauan pangan, 89,6 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, serta 72,7 pada aspek ketersediaan pangan.

4. Finlandia
Finlandia harus terlempar ke posisi empat setelah pada tahun sebelumnya menduduki peringkat teratas negara dengan ketahanan pangan terbaik. Pada data Indeks Ketahanan Pangan Global 2021, negara ini memperoleh angka 80,9, mengungguli Swiss dan Belanda di bawahnya.

Sebelumnya, pada Indeks Ketahanan Pangan Global 2020, Finlandia berada di peringkat pertama dengan mengantongi angka keseluruhan sebesar 85,3 poin. Namun untuk tahun 2021, negara ini berada di peringkat keempat.

Finlandia memperoleh angka 91,7 pada aspek keterjangkauan pangan, 93,8 pada aspek kualitas dan keamanan pangan, serta 75,1 pada aspek sumber daya alam dan ketangguhan.

Selain keempat negara tersebut, Indonesia berada di posisi 69 dengan skor keseluruhan 59,2 mengalahkan Afrika Selatan dan India di posisi 70 dan 71.

Referensi:
-https://impact.economist.com/sustainability/project/food-security-index/Index
-https://thatsfarming.com/farming-news/food-security-ireland/
-https://www.gov.uk/government/statistics/united-kingdom-food-security-report-2021/united-kingdom-food-security-report-2021-theme-2-uk-food-supply-sources
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)