Dubes Inggris: AUKUS Junjung Tinggi Non Proliferasi Nuklir

Rabu, 13 April 2022 - 18:38 WIB
loading...
Dubes Inggris: AUKUS Junjung Tinggi Non Proliferasi Nuklir
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timur Leste Owen Jenkins. Foto/RCTI
A A A
JAKARTA - Pakta peratahanan Amerika Serikat (AS), Inggris , dan Australia atauyang disebut sebagai AUKUS akanmenjaga stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik .

Terbaru, ketiga negara berkomitmen untuk memulai kerja sama trilateral baru di bidang hipersonik dan kontra-hipersonik, kemampuan peperangan elektronik, serta untuk memperluas pertukaran informasi dan memperdalam kerja sama dalam inovasi pertahanan.

"Pengumuman baru-baru ini tentang kemajuan lebih lanjut dalam kemitraan pertahanan AUKUS menggarisbawahi bagaimana kemitraan tersebut akan membantu menjaga stabilitas di kawasan Indo-Pasifik dan memberikan jaminan bagi mitra regional," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timur Leste Owen Jenkins dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (13/4/2022).



Menurut Jenkins, AUKUS tidak ditujukan untuk negara manapun.

"AUKUS memberikan kontribusi positif bagi keamanan regional dan, seperti yang selalu kami jelaskan, akan sepenuhnya sejalan dengan kewajiban internasional kami, termasuk menjunjung standar non-proliferasi setinggi mungkin," katanya.

"Ketiga mitra menjalankan kewajiban mereka di bawah Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir dengan sangat serius," ia menambahkan.

Baca juga: Jepang Sangkal Dipepet AS Cs, Diajak Gabung AUKUS

Dikatakan oleh Jenkins, Indonesia memiliki tempat istimewa di kawasan Indo-Pasifik. Pihaknya akan terus terlibat secara aktif dengan Indonesia untuk membentuk masa depan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang terbuka, stabil, dan inklusif, dengan ASEAN sebagai pusatnya.

"Visi ASEAN untuk kawasan Indo-Pasifik, sebagaimana tercantum dalam Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik, adalah salah satu visi yang sangat kami dukung dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Indonesia, bersama dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya, dalam memastikan stabilitas dan keamanan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sejahtera untuk generasi mendatang,” demikian kata Jenkins.

Baca juga: Gedung Putih Umumkan Program Rudal Hipersonik dengan Australia dan Inggris
(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3590 seconds (11.210#12.26)