Pertama Kalinya, Biden Sebut Putin Lakukan Genosida di Ukraina

Rabu, 13 April 2022 - 06:14 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Biden Sebut Putin Lakukan Genosida di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia dituduh Presiden AS Joe Biden telah melakukan genosida di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, untuk pertama kalinya, menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan genosida di Ukraina.

Biden berbicara tentang upaya pemerintahannya untuk memerangi kenaikan harga bahan bakar karena perang pada hari Selasa, ketika dia menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina, yang telah melihat Moskow melakukan kekejaman terhadap warga sipil Ukraina, sebagai genosida.

“Anggaran keluarga Anda, kemampuan Anda untuk mengisi tangki Anda, tidak ada yang harus bergantung pada apakah seorang diktator menyatakan perang dan melakukan genosida di belahan dunia lain,” katanya.



Ditanya oleh wartawan tentang karakterisasinya, Biden mengatakan: "Saya menyebutnya genosida karena semakin jelas bahwa Putin hanya mencoba menghapus gagasan untuk bisa menjadi orang Ukraina dan buktinya semakin banyak."

"Kami akan membiarkan pengacara memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tetapi tampaknya seperti itu bagi saya," papar Biden, seperti dikutip Al Arabiya, Rabu (13/4/2022).

Biden sebelumnya menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai “penjahat perang” dan Washington telah berulang kali menggambarkan kekejaman Rusia terhadap Ukraina sebagai “kejahatan perang".

Namun, pemerintah AS mengatakan tindakan Rusia tidak naik ke tingkat genosida.

Pekan lalu, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan: “Berdasarkan apa yang telah kita lihat sejauh ini, kita telah melihat kekejaman, kita telah melihat kejahatan perang. Kami belum melihat tingkat perampasan sistematis kehidupan orang-orang Ukraina naik ke tingkat genosida.”

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah meminta dunia untuk mengakui bahwa Rusia melakukan genosida terhadap Ukraina, terutama setelah gambar mengerikan kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Rusia terhadap warga sipil Ukraina di kota Bucha.

“Ini adalah kejahatan perang, dan mereka akan diakui oleh dunia sebagai genosida. Kami menyadari ribuan orang dibunuh dan disiksa, dengan anggota badan yang dipotong. Memerkosa wanita, membunuh anak-anak. Saya percaya ini adalah genosida,” kata Zelensky.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)