PBB: Lebih dari 4,6 Juta Orang Melarikan Diri dari Perang Ukraina

Selasa, 12 April 2022 - 21:03 WIB
loading...
PBB: Lebih dari 4,6 Juta Orang Melarikan Diri dari Perang Ukraina
PBB mengatakan lebih dari 4,6 juta orang melarikan diri dari perang di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - PBB mengatakan lebih dari 4,6 juta warga Ukraina kini telah melarikan diri dari perang, meskipun sejumlah kecil pengungsi baru tiba dalam kondisi yang lebih rentan.

Badan pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan 4.615.830 warga Ukraina telah melarikan diri sejak Rusia menginvasi negara itu pada 24 Februari. Angka tersebut naik 68.095 pada pembaruan hari Senin kemarin.

"Meskipun jumlah orang yang melintasi perbatasan telah menurun secara signifikan, mereka yang telah menyeberang telah berada dalam keadaan yang lebih rentan, memiliki sarana yang lebih rendah dan juga memiliki sedikit rencana ke mana mereka akan pergi," kata juru bicara UNHCR, Matt Saltmarsh, di Jenewa seperti dilansir dari France24, Selasa (12/4/2022).



Wanita dan anak-anak menyumbang 90 persen dari mereka yang telah meninggalkan Ukraina, dengan pria berusia 18 hingga 60 tahun memenuhi syarat untuk panggilan militer dan tidak dapat pergi.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) PBB memperkirakan bahwa 7,1 juta orang telah meninggalkan rumah mereka tetapi masih berada di Ukraina.

IOM mengatakan bahwa selain pengungsi Ukraina, lebih dari 210.000 warga non-Ukraina yang tinggal, belajar atau bekerja di negara itu juga telah pergi.

Secara total, lebih dari seperempat penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka.



"Hanya dalam enam minggu, hampir dua pertiga dari semua anak Ukraina telah mengungsi. Mereka terpaksa meninggalkan segalanya: rumah mereka, sekolah mereka, dan seringkali, anggota keluarga mereka," kata Direktur program darurat UNICEF Manuel Fontaine pada pengarahan Dewan Keamanan PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)