Keanggotaan Dewan HAM Ditangguhkan, Rusia Tutup LSM HAM Internasional

Sabtu, 09 April 2022 - 13:00 WIB
loading...
A A A
"Di negara di mana sejumlah aktivis dan pembangkang dipenjara, dibunuh atau diasingkan, di mana media independen telah dicoreng, diblokir atau dipaksa untuk menyensor diri sendiri, dan di mana organisasi masyarakat sipil telah dilarang atau dilikuidasi, Anda pasti melakukan sesuatu yang benar jika Kremlin mencoba membungkam Anda," tambah Callamard.



Reuters melaporkan bahwa tiga dari kelompok tersebut berbasis di Amerika Serikat (AS), sembilan dari Jerman, bersama dengan masing-masing satu dari Inggris, Polandia dan Swiss.

Majelis Umum PBB telah menangguhkan keanggotan Rusia di Dewan HAM dalam pemungutan suara yang digelar pada Jumat kemarina. Sebanyak 93 negara memberikan suara mendukung, 24 menentang, dan 58 abstain. Setelah pemungutan suara, Rusia menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk meninggalkan Dewan HAM PBB sebelum masa jabatannya berakhir.

Penangguhan itu terjadi beberapa hari setelah pejabat Ukraina melaporkan bahwa warga sipil diyakini telah dieksekusi oleh pasukan Rusia di Bucha, Ukraina, yang memicu kecaman luas terhadap Rusia karena Moskow mengklaim serangan itu dilakukan oleh Ukraina dan bahwa Rusia tidak terlibat dalam pembunuhan itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)