Slovakia Sumbangkan Sistem Rudal S-300 ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Sabtu, 09 April 2022 - 00:12 WIB
loading...
A A A
Menteri Pertahanan Jaroslav Nad kemudian mengumumkan bahwa Slovakia akan menerima sistem Patriot keempat dari Amerika Serikat minggu depan.

Rusia telah mengatakan bahwa mereka menganggap pengiriman militer Barat ke Ukraina sebagai target yang sah.

Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata dan "mende-Nazifikasi" Ukraina. Ukraina dan sekutunya mengatakan Rusia menyerbu tanpa provokasi.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat dan 30 negara lainnya mengirim senjata ke Ukraina dan bahwa prosesnya akan diintensifkan. Dia berbicara tentang "sistem baru" yang sejauh ini belum disediakan oleh sekutu NATO, tetapi menolak untuk merinci.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba meminta pesawat, rudal anti-kapal berbasis darat, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara pada sesi khusus di markas NATO pada hari Kamis.

Slovakia telah merencanakan untuk memodernisasi S-300 beberapa tahun yang lalu tetapi upaya tersebut belum selesai. Situs militer Slovakia mengatakan baterai S-300 memiliki jangkauan 75 kilometer dan dapat menyerang target hingga 27 kilometer di atas tanah.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)