China Ungkap Asal Masalah Ukraina, Beri Resep Stabilitas Langgeng

Jum'at, 08 April 2022 - 17:42 WIB
loading...
China Ungkap Asal Masalah Ukraina, Beri Resep Stabilitas Langgeng
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China mengatakan pada Kamis (7/4/2022) bahwa garis patahan keamanan Eropa telah menyebabkan konflik Rusia-Ukraina saat ini.

Moskow bersikeras salah satu tujuan dari kampanye militer yang sedang berlangsung melawan Kiev adalah membuat Ukraina menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengungkapkan pandangan negaranya tentang masalah ini selama panggilan telepon dengan Emmanuel Bonne, penasihat diplomatik Presiden Prancis Emmanuel Macron.



“Masalah Ukraina berasal dari ketidakseimbangan keamanan Eropa,” ungkap Wang, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China.



“Arsitektur keamanan Eropa yang seimbang, efektif, dan berkelanjutan harus dibangun kembali berdasarkan prinsip keamanan yang tidak dapat dibagi. Hanya dengan melakukan itu Eropa benar-benar dapat mencapai perdamaian dan stabilitas yang langgeng,” papar dia.



Wang menambahkan, “Semua pihak harus bekerja untuk menciptakan lingkungan dan kondisi yang diperlukan untuk memajukan pembicaraan damai, alih-alih mengipasi api."

“Seseorang seharusnya tidak menyerukan untuk mencapai gencatan senjata dan menghentikan konflik sambil mengirimkan sejumlah besar senjata dan peralatan canggih untuk lebih meningkatkan pertempuran,” ujar dia, dilansir RT.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)