Khawatir Perang Nuklir, Rumania Bagi Pil Anti-Radiasi pada Warga Sipil

Senin, 04 April 2022 - 22:38 WIB
loading...
Khawatir Perang Nuklir, Rumania Bagi Pil Anti-Radiasi pada Warga Sipil
Pil potasium yodium dibagikan pada semua penduduk, hingga usia 40 tahun, termasuk bayi di Rumania. Foto/REUTERS
A A A
BUCHAREST - Kementerian Kesehatan Rumania telah mengumumkan pembagian pil potasium yodium kepada semua penduduk, hingga usia 40 tahun, termasuk bayi.

Negara anggota Uni Eropa (UE) itu bergabung Finlandia, Bulgaria, Belgia dan beberapa negara lain yang juga telah menyediakan obat-obatan tersebut kepada penduduk mereka di tengah serangan Rusia di Ukraina.

Kampanye untuk mengajari warga tentang cara menyimpan dan mengelola tablet anti-radiasi itu akan dimulai di negara itu pekan ini.



Pil itu dapat membantu mengurangi dampak radiasi pada sistem tubuh manusia. Ancaman perang nuklir tampaknya menjadi alasan keputusan pemerintah itu.



“Distribusi tablet akan dimulai pada paruh kedua April setelah prosedur hukum yang relevan ditetapkan,” ungkap pernyataan Kementerian Kesehatan Rumania.



Para pejabat tidak menyebutkan alasan pemindahan tersebut, tetapi menunjukkan bahwa “saat ini, tidak ada bahaya yang mengharuskan penggunaan pil-pil ini.”

Rumania berbagi perbatasan sepanjang 614 kilometer dengan Ukraina yang mengoperasikan empat pembangkit listrik tenaga nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)