Pentagon Umumkan Paket Bantuan Senjata Rp4,3 Triliun Buat Ukraina

Minggu, 03 April 2022 - 08:07 WIB
loading...
Pentagon Umumkan Paket Bantuan Senjata Rp4,3 Triliun Buat Ukraina
Pentagon umumkan paket bantuan senjata senilai Rp4,3 triliun untuk Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon telah mengumumkan paket bantuan senjata tambahan sebesar USD300 juta atau sekitar Rp4,3 triliun untuk Ukraina .

Paket terbaru itu mencakup kumpulan sistem udara tak berawak, komunikasi yang aman, dan roket berpemandu laser di antara peralatan lain yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas Ukraina mempertahankan diri.

“Keputusan ini menggarisbawahi komitmen teguh Amerika Serikat terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dalam mendukung upaya heroiknya untuk mencabut perang pilihan Rusia,” kata sekretaris pers Pentagon John Kirby, seperti dilansir dari Washington Times, Minggu (3/4/2022).



Presiden AS Joe Biden telah menandatangani lebih dari USD1,6 miliar bantuan ke Ukraina sejak dimulainya perang, termasuk rudal anti-pesawat Stinger, rudal anti-tank Javelin, dan jutaan amunisi senjata ringan sambil menjatuhkan sanksi keras pada ekonomi Rusia.

Awal bulan ini Kongres AS meloloskan RUU pendanaan omnibus government yang mencakup bantuan USD13,6 miliar untuk Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memohon kepada sekutu Barat untuk membantu Kiev memerangi pemboman Rusia terhadap negaranya dengan zona larangan terbang dan jet tempur untuk melindungi langit Ukraina. Namun negara-negara NATO telah menolak permintaan itu karena takut terseret ke dalam perang langsung dengan Moskow.

Biden sendiri telah berjalan di garis yang menghindari eskalasi perang lebih lanjut. Awal bulan ini, pemerintah AS membatalkan tawaran Polandia untuk memasok Kiev dengan jet tempur MiG era Soviet yang akan dikirim melalui pangkalan militer AS di Jerman. Pentagon mengatakan tawaran Polandia "tidak layak" dan bisa terbukti provokatif ke Rusia.



Pemerintah AS sedang mempertimbangkan opsi untuk mengisi kembali Slovakia dengan sistem pertahanan rudal buatan AS untuk mengakomodasi pengiriman rudal udara permukaan S-300 ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)