Nuklir Rusia Siaga Tinggi, AS Batalkan Uji Rudal Antarbenua Minuteman III

Sabtu, 02 April 2022 - 06:49 WIB
loading...
Nuklir Rusia Siaga Tinggi, AS Batalkan Uji Rudal Antarbenua Minuteman III
Amerika Serikat membatalkan uji coba rudal balistik antarbenua Minuteman III karena Rusia masih menempatkan senjata nuklirnya dalam posisi siaga tinggi di tengah invasinya ke Ukraina. Foto/US Air Force/Michael Peterson/Handout via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mempertimbangkan Rusia yang masih menempatkan senjata nuklirnya dalam posisi siaga tinggi di tengah invasinya ke Ukraina, Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk membatalkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III.

Amerika sebelumnya menunda, bukan membatalkan, uji coba misil Minuteman III dengan pertimbangan serupa.

"Departemen Angkatan Udara baru-baru ini membatalkan uji terbang rudal LGM-30G Minuteman III yang direncanakan secara rutin yang dijadwalkan pada Maret 2022," kata juru bicara Angkatan Udara AS Ann Stefanek kepada Sputnik dalam sebuah pernyataan.

“Peluncuran sebelumnya telah ditunda karena terlalu berhati-hati untuk menghindari salah tafsir atau miskomunikasi selama invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina dan dibatalkan karena alasan yang sama," lanjut dia.



"Penerbangan uji kami berikutnya yang direncanakan akhir tahun ini. Departemen yakin dengan kesiapan kekuatan strategis Amerika Serikat," imbuh dia yang dilansir Sabtu (2/4/2022).

Peluncuran LGM-30G Minuteman III telah dijadwalkan jauh sebelumnya untuk akhir pekan pertama bulan Maret, tetapi Pentagon memutuskan untuk menunda uji coba setelah Rusia menempatkan pasukan nuklirnya dalam siaga tinggi di tengah meningkatnya ketegangan dengan aliansi NATO.

Beberapa hari sebelumnya, Rusia telah invasi—yang menurut Moskow adalah operasi khusus—ke Ukraina yang bertujuan untuk menetralisir militer negara itu dan menolak kesempatannya untuk melayani sebagai pangkalan NATO guna menyerang Rusia, dan tidak jelas apakah NATO akan mencoba untuk campur tangan.

AS belum menaikkan status siaga untuk senjata nuklirnya, dengan mengatakan tidak melihat tanda-tanda Rusia kemungkinan akan menggunakan senjata nuklir.

AS secara teratur menembakkan beberapa rudal Minuteman setiap tahun tanpa muatan hulu ledak nuklir normal mereka untuk menguji peluncuran, penerbangan, dan sistem pemandu roket yang menua. Rudal biasanya diluncurkan dari Pantai Barat AS dan mendarat di Atol Kwajalein, ribuan mil jauhnya di Pasifik Selatan.

Rudal ini telah menjadi dasar penangkal nuklir berbasis darat AS sejak tahun 1970, dan penggantinya, Ground-Based Strategic Deterrent, diharapkan mulai menggantikannya pada tahun 2030.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)