Ketegangan dengan Korut Meningkat, AS-Korsel Lanjutkan Latihan Militer

Kamis, 31 Maret 2022 - 19:04 WIB
loading...
Ketegangan dengan Korut Meningkat, AS-Korsel Lanjutkan Latihan Militer
AS-Korsel lanjutkan latihan militer gabungan di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korut. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Latihan militer gabungan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) yang akan dimulai bulan depan menjadi yang pertama kali dalam beberapa tahun terakhir karena mencakup lebih banyak persenjataan dan pasukan. Ini menjadi pesan yang lebih agresif ketika ketegangan dengan Korea Utara (Korut) meningkat.

Baik militer Korea Selatan maupun AS tidak mengkonfirmasi apa yang mungkin diperlukan dalam latihan tahunan tahun ini, tetapi serangkaian pertunjukan kekuatan militer yang tidak biasa baru-baru ini di dalam dan sekitar Semenanjung Korea menunjukkan bahwa latihan yang lebih "berotot" mungkin sedang berlangsung, kata para analis.

Kolonel Lee Peters, juru bicara Pasukan AS-Korea (USFK), mengatakan kebijakannya tidak untuk mengomentari latihan gabungan yang direncanakan atau dilaksanakan, tetapi mengatakan pelatihan adalah sesuatu yang dilakukan semua militer untuk menjaga kesiapan, kemahiran, kredibilitas dan kepercayaan.



"Setiap keputusan mengenai pelatihan gabungan akan dibuat oleh Aliansi AS-ROK," katanya, menggunakan inisial nama resmi Korea Selatan seperti dikutip dari US News, Kamis (31/3/2022).

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan latihan itu belum selesai.

Mereka membantah laporan media lokal bahwa telah ada diskusi tentang mengadakan latihan trilateral dengan Amerika Serikat dan Jepang, menurut kantor berita Yonhap.

Daniel Pinkston, dosen Universitas Troy Alabama yang berbasis di Seoul mengatakan latihan kemungkinan akan kembali ke tempo pra-COVID yang lebih normal di tengah pelonggaran pembatasan pandemi dan berkurangnya manfaat politik untuk membatalkan atau membatasi latihan mengingat kebuntuan diplomatik dengan Korea Utara.

"Ancaman Korea Utara terus meningkat sementara kesiapan militer ROK dan USFK bisa dibilang menurun karena pelatihan yang tidak memadai," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)