Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Mariupol

Kamis, 31 Maret 2022 - 16:26 WIB
loading...
Rusia Umumkan Gencatan Senjata di Mariupol
Rusia umumkan gencatan senjata di Mariupol untuk mengevakuasi warga sipil. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan gencatan senjata lokal pada Kamis (31/3/2022) untuk memungkinkan warga sipil dievakuasi dari kota pelabuhan Mariupol di Ukraina yang terkepung.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan koridor kemanusiaan dari Mariupol ke Zaporizhzhia, melalui pelabuhan Berdiansk yang dikuasai Rusia, akan dibuka mulai pukul 10 pagi waktu setempat.

"Agar operasi kemanusiaan ini berhasil, kami mengusulkan untuk melaksanakannya dengan partisipasi langsung dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi dan Komite Internasional Palang Merah," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari NDTV.



Kementerian Pertahanan Rusia meminta Kiev menjamin "penghormatan tanpa syarat" untuk gencatan senjata melalui pemberitahuan tertulis kepada pihak Rusia, UNHCR dan ICRC pada Kamis sebelum pukul 06:00 waktu setempat.

Moskow juga meminta tentara Ukraina berkomitmen untuk memastikan keamanan konvoi bus di sepanjang koridor yang ditentukan.

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan telah menyetujui proposal dari Kiev untuk membuka dalam 24 jam terakhir empat koridor kemanusiaan baru dari Mariupol ke Zaporizhzhia.



Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan serangan terhadap kota Mariupol yang terkepung hanya akan berakhir jika pasukan Ukraina menyerah.

Pernyataan itu dibuat Putin selama pembicaraan via telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Selasa malam, kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Namun para pejabat Prancis mengatakan pemimpin Rusia itu telah setuju untuk mempertimbangkan rencana untuk mengevakuasi warga sipil dari kota itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)