3 Kota di Rusia dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:55 WIB
loading...
A A A
2. St.Petersburg
Kota berikutnya dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di Rusia adalah St.Petersburg. Menurut data statistik persentase muslim di Rusia berdasarkan Wilayahnya, Saint Petersburg memiliki sekitar 2,25 persen penduduk yang beragama Islam.

Dilansir situs The Guardian, pada tahun 2015, tercatat sekitar 42.000 jamaah ke dua masjid utama di kota St.Petersburg untuk melangsungkan sholat Idul Fitri.

Salah satu masjid yang cukup terkenal di St.Petersburg adalah Masjid Saint Petersburg. Dibuka pada tahun 1913, masjid ini menjadi masjid terbesar di Eropa selain Turki dengan ketinggian menara sekitar 49 meter dan kubah setinggi 39 meter. Masjid ini bisa menampung hingga 5.000 jamaah.

Uniknya adalah masjid ini dikenal rakyat Indonesia sebagai Masjid Soekarno. Alasannya adalah ketika Soekarno mengunjungi Rusia pada 1956, dia berkunjung ke beberapa kota termasuk St.Petersburg. Soekarno melihat sebuah bangunan yang dia kira adalah masjid, namun saat itu digunakan sebagai gudang medis.

Setelah kembali dari St.Petersburg, Soekarno meminta izin kepada pemimpin Uni Soviet, Khrushchev agar masjid tersebut difungsikan kembali sebagai tempat ibadah umat Islam. Akhirnya, permintaan Soekarno dikabulkan walaupun dengan berat hati karena Khrushchev dikenal sangat anti agama.



3. Kazan
Kota berikutnya dengan jumlah penduduk Islam terbanyak di Rusia adalah Kazan. Kazan merupakan ibukota dari Tatarstan sekaligus menjadi salah satu kota terbesar di Rusia. Selain itu, Kazan juga terkenal sebagai kota dengan keberagaman agama. Ada sebuah bangunan bernama Universal Temple yang terdiri dari berbagai tempat ibadah dari agama-agama yang berbeda, mulai dari gereja, hingga Masjid.

Kazan menjadi salah satu kota di Rusia dengan penduduknya yang beragama Islam. Menurut Carnegie Moscow Center, di Tatarstan terdapat sekitar 53 persen penduduk yang beragama Islam. Selain itu, pada tahun 2010, Rosstat (badan statistik Rusia) menerbitkan data yang menunjukan kelompok muslim terbesar di Rusia ada di Tatarstan, Bashkirs, dan Chechnya.

Selain itu, beberapa masjid megah juga berada di Kota Kazan ini, seperti Qolsharif Mosque dan Bulgar Mosque. Kedua masjid tersebut menjadi pusat ibadah umat Islam di Kazan.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)