Israel: Pertemuan dengan AS dan 4 Negara Arab untuk Halangi Musuh Bersama

Selasa, 29 Maret 2022 - 01:05 WIB
loading...
A A A
UEA, Bahrain dan Maroko menormalkan hubungan dengan Israel di bawah inisiatif AS tahun 2020 yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham. Sedangkan Mesir pada 1979, menjadi negara Arab pertama yang berdamai dengan Israel.



Sambil memuji kesepakatan itu, Blinken menambahkan: "Kita harus jelas bahwa perjanjian perdamaian regional ini bukan pengganti kemajuan antara Palestina dan Israel".

Seperti negara-negara Arab yang hadir, AS menginginkan solusi dua negara di mana Palestina akan mendapatkan status negara bersama Israel. Pembicaraan untuk itu terhenti pada tahun 2014. Israel telah menduduki sebagian besar Tepi Barat yang diduduki sementara Jalur Gaza, wilayah Palestina lainnya, diperintah oleh kelompok Islam garis keras.

Pemerintah koalisi lintas-partisan nasionalis Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan, kondisi tidak tepat untuk setiap pembaruan diplomasi dengan Palestina - yang, pada bagian mereka, telah menempatkan tanggung jawab pada Israel.

"Kecuali pendudukan berakhir, pertemuan normalisasi Arab hanyalah ilusi dan hadiah gratis untuk Israel," Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh mengatakan kepada Kabinetnya pada hari Senin.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)