Biodata dan Agama Joe Biden, Presiden AS yang Menyebut Putin sebagai Tukang Jagal

Senin, 28 Maret 2022 - 23:09 WIB
loading...
Biodata dan Agama Joe Biden, Presiden AS yang Menyebut Putin sebagai Tukang Jagal
Biodata dan Agama Joe Biden, Presiden AS yang Menyebut Putin sebagai Tukang Jagal. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu yang lalu, Joe Biden dalam kunjungannya ke Polandia sempat menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai ‘a Butcher who cannot remain in power’ atau Tukang Jagal yang tidak bisa terus berkuasa. Dilansir dari Al Jazeera, pernyataan tersebut keluar dari Joe Biden ketika mengunjungi pengungsi Ukraina yang terlantar akibat Invasi Rusia.

Biden berada di Polandia untuk bertemu pengungsi serta pejabat Ukraina dan menyampaikan pidato berapi-api sembari mengingatkan Vladimir Putin untuk tidak menyentuh satu inci pun dari negara anggota NATO.



Biden merupakan presiden Amerika Serikat yang ke-46. Joseph Robinette Biden Jr lahir pada 20 November 1942 di Scranton, Pennsylvania. Dia adalah anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan Catherine Eugenia Finnegan Biden dan Joseph Robinette Biden Sr. Biden sendiri dibesarkan dengan agama Katolik Roma.

Setelah besar di Pennsylvania, Joe Biden pindah bersama keluarganya ke New Castle County, Delaware, pada tahun 1953. Kala itu dirinya masih berusia 10 tahun. Joe Biden menamatkan pendidikan sarjananya di University of Delaware pada tahun 1965. Setelah itu, dia juga mendapat gelar sarjana hukum dari Syracuse University pada 1968.

Joe Biden menikah dengan seorang wanita bernama Neilia Hunter pada 27 Agustus 1966. Dari pernikahannya, dia memiliki 3 orang anak. Setelah lulus dari sekolah hukum, Joe Biden kembali ke Delaware dan bekerja sebagai pengacara sebelum akhirnya beralih ke dunia politik dan bekerja di dewan daerah New Castle pada tahun 1970 hingga 1972.



Dilansir dari laman White House, Joe Biden yang kala itu baru berusia 29 tahun terpilih menjadi anggota senat Amerika Serikat pada 1972. Hal tersebut menjadikannya senator termuda kelima dalam sejarah. Namun, beberapa saat setelah dirinya menjadi anggota senat, tragedi memilukan terjadi ketika Istrinya, Neilia beserta anak perempuannya, Naomi meninggal dalam sebuah kecelakaan.

Selain itu, kedua anak laki-lakinya juga mengalami luka dan dirawat di rumah sakit. Hal tersebut menjadikannya harus mengambil sumpah jabatan senat di kamar rumah sakit anaknya. Pada tahun 1977, Joe Biden menikah kembali dengan wanita bernama Jill Jacobs dan memiliki satu orang anak.

Sebagai ketua dan anggota peringkat komite kehakiman senat selama 16 tahun, Biden mempelopori munculnya undang-undang kekerasan terhadap perempuan, sebuah undang-undang yang penting untuk memperkuat hukuman pelaku kekerasan terhadap perempuan, serta mengubah dialog nasional tentang kekerasan domestik dan seksual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)