Negara-negara yang Tidak Mengakui Palestina, Nomor 4 Penjamin Keamanan Israel

Senin, 28 Maret 2022 - 18:17 WIB
loading...
Negara-negara yang Tidak Mengakui Palestina, Nomor 4 Penjamin Keamanan Israel
Warga mengibarkan bendera Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Palestina mendeklarasikan kemerdekaannya pada 15 November 1988 oleh Yasser Arafat. Deklarasi ini dibacakan pada sidang penutupan Dewan Nasional Palestina ke-19.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sejak awal mengakui Palestina. Namun, hingga kini Palestina belum mendapat pengakuan dari seluruh negara di dunia.

Berikut ini beberapa negara yang tidak mengakui Palestina.

1. Prancis

Prancis tak mengakui Palestina sebagai negara karena Prancis menginginkan pengakuan dua negara, yakni Israel dan Palestina.

Maksudnya ialah Yerusalam akan menjadi ibu kota kedua belah pihak dan perbatasan bersama yang diakui menurut aturan Internasional.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mengatakan bahwa keputusan ini tak akan mengikuti beberapa keputusan lain yang ada.

2. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang belum mengakui Palestina dan mendukung pengakuan untuk dua negara, Israel dan Palestina.

Jerman bersama dengan Amerika Serikat memiliki komitmen terhadap Israel dalam proses perdamaian Israel dan Palestina.

3. Jepang

Pada 2018 lalu, penasihat presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan bahwa Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono sedang mengumpulkan tanda tangan anggota parlemen Jepang untuk mengakui Palestina.

Ia juga mengatakan bahwa Jepang akan mengakui Palestina secara bertahap dan Jepang berkomitmen mendukung politik dan keuangan Palestina.

Namun menurut The World Population Review, per Juli 2019 Jepang masih belum juga mengakui Palestina sebagai negara.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara pertama yang mengakui Israel pada 1948. AS juga negara yang pertama mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel melalui pernyataan Presiden Donald Trump pada 2017 lalu.

Namun AS juga ingin mendamaikan Israel dan Palestina. Pemerintah Amerika Serikat berkomitmen pada solusi negosiasi konflik Israel-Palestina agar kedua negara tersebut sama-sama mendapatkan kebebasan dan keamanan.

AS selama ini menjadi pemasok utama persenjataan ke Israel, termasuk menjadi penjamin keamanan bagi rezim Zionis itu.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)