Junta Myanmar Tak Mau Lagi Negosiasi, Akan Musnahkan Kelompok Penentang

Minggu, 27 Maret 2022 - 20:45 WIB
loading...
Junta Myanmar Tak Mau Lagi Negosiasi, Akan Musnahkan Kelompok Penentang
Junta Myanmar Tak Mau Lagi Negosiasi, Akan Musnahkan Kelompok Penentang. FOTO/Reuters
A A A
NAYPYIDAW - Junta Myanmar akan "memusnahkan" lawan kudeta, tegas Panglima Militer Junta Myanmar, Min Aung Hlaing pada Minggu (27/3/2022). Pernyataan ini dilontarkan Min Aung saat militer menggelar unjuk kekuatan pada peringatan penumpasan paling berdarah sejauh ini terhadap protes demokrasi.

Negara itu berada dalam kekacauan sejak kudeta pada Februari 2021, dengan lebih dari 1.700 orang tewas dalam tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, menurut kelompok pemantau lokal.



Pejuang "Angkatan Pertahanan Rakyat" anti-kudeta sering bentrok dengan pasukan junta, sementara pertempuran juga berkobar di daerah perbatasan dengan kelompok pemberontak etnis yang lebih mapan.

Memimpin parade tahunan yang memamerkan tank, rudal yang dipasang di truk, artileri dan pasukan di atas kuda, Min Aung Hlaing memberi tahu sekitar 8.000 personel keamanan yang berkumpul bahwa tentara tidak akan menyerah.

“Militer tidak akan lagi bernegosiasi dan memusnahkan sampai akhir kelompok-kelompok yang berjuang untuk menggulingkan kekuasaan,” kata Min Aung, seperti dikutip dari AFP. Parade ini berlangsung menjelang prosesi Hari Angkatan Bersenjata di ibu kota yang dibangun militer, Naypyidaw.



Jet terbang di atas mengikuti bendera nasional kuning, merah dan hijau, sementara media pemerintah menunjukkan para wanita berbaris di jalan-jalan menuju lapangan parade untuk memberi bunga dan meletakkan karangan bunga pada tentara yang berbaris.

Sementara itu, pengunjuk rasa anti-kudeta menyerukan media sosial untuk demonstrasi "pemogokan kekuasaan" nasional pada Minggu malam.

Hari Angkatan Bersenjata memperingati dimulainya perlawanan lokal terhadap pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, dan biasanya menampilkan parade militer yang dihadiri oleh perwira dan diplomat asing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)