AS Serukan Taliban Buka Kembali Sekolah Perempuan di Afghanistan

Jum'at, 25 Maret 2022 - 12:43 WIB
loading...
AS Serukan Taliban Buka Kembali Sekolah Perempuan di Afghanistan
AS Serukan Taliban Buka Kembali Sekolah Perempuan di Afghanistan. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya pada Kamis (24/3/2022) mengutuk keputusan Taliban untuk menutup sekolah menengah perempuan di Afghanistan , hanya beberapa jam setelah dibuka kembali dan mendesak rezim garis keras itu untuk membalikkan arah kebijakan.

Pernyataan bersama dari Menteri Luar Negeri Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Norwegia dan AS, ditambah perwakilan tinggi Uni Eropa, mengatakan bahwa keputusan Taliban akan membahayakan prospek legitimasi kelompok itu dan "ambisi Afghanistan" menjadi anggota yang dihormati dalam masyarakat internasional.



"Tindakan Taliban bertentangan dengan jaminan publik kepada rakyat Afghanistan dan masyarakat internasional," kata negara-negara Barat dalam pernyataan mereka, seperti dikutip dari AFP.

Mereka meminta Taliban, yang merebut kekuasaan pada Agustus lalu ketika pasukan AS menarik diri dari negara itu, untuk "segera membatalkan keputusan ini, yang akan memiliki konsekuensi jauh melampaui kerugiannya bagi gadis-gadis Afghanistan".

"Jika tidak dibalik, itu akan sangat merusak prospek Afghanistan untuk kohesi sosial dan pertumbuhan ekonomi," kata mereka.



Pemerintah Norwegia bersikeras bahwa mereka menempatkan "tuntutan nyata" pada Taliban dan bahwa pembicaraan di Oslo sama sekali bukan legitimasi gerakan, kepala Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan pada saat itu bahwa pencabutan sanksi terhadap Taliban merupakan langkah penting dalam upaya menyelamatkan nyawa di Afghanistan.

Keputusan Taliban untuk menutup sekolah bagi anak perempuan terjadi setelah pertemuan Selasa malam oleh pejabat senior di kota selatan Kandahar, pusat kekuatan de facto gerakan itu dan jantung spiritual konservatif.

Ini mengikuti kerja berbulan-bulan oleh komunitas internasional untuk mengatasi masalah dukungan gaji guru, dan datang tepat ketika gadis-gadis Afghanistan dengan penuh semangat kembali ke sekolah untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)