Alasan Dewan Ulama Rusia Melarang Pernikahan Beda Agama

Kamis, 24 Maret 2022 - 19:22 WIB
loading...
Alasan Dewan Ulama Rusia Melarang Pernikahan Beda Agama
Pemerintah Chechnya menggelar pernikahan massal di Rusia. Foto/youtube/sputnik
A A A
MOSKOW - Beberapa tahun yang lalu, Dewan Ulama Direktorat Spiritual Muslim Rusia mengeluarkan pernyataan mengenai larangan pernikahan beda agama.

Lembaga itu melarang pernikahan umat muslim Rusia dengan orang yang memiliki perbedaan keyakinan atau agama.

Dilansir dari laman Radio Free Europe Radio Liberty, Dewan Ulama Rusia telah membuat fatwa larangan pernikahan beda agama bagi umat muslimnya pada Juli 2020, namun keputusan tersebut baru diterbitkan pada 10 November 2020.



Setelah keluarnya putusan tersebut, mulai muncul berbagai pro kontra mengenai larangan tersebut.



Salah satu dari anggota Dewan Ulama Rusia menjelaskan alasan diterbitkannya larangan pernikahan beda agama bagi umat muslim Rusia.



“Sebagian besar pernikahan antar agama menimbulkan sejumlah masalah, dari ketidaksepakatan dalam membesarkan anak, pandangan dunia yang berbeda, hingga budaya dan pendidikan yang jelas berbeda,” papar anggota Dewan Ulama Direktorat Spiritual Muslim Rusia.

“Ada banyak pernikahan antaragama di Rusia, namun praktek ini membuat anak-anak tidak tahu apa agama yang mereka miliki ketika tumbuh dewasa. Pernikahan beda agama juga terdapat beberapa kasus perceraian karena sering terjadi kesalahpahaman antar pasangan dan keluarga mereka,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)