Inggris Akan Kirim 6.000 Rudal ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Kamis, 24 Maret 2022 - 09:49 WIB
loading...
Inggris Akan Kirim 6.000 Rudal ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Inggris akan kirim 6.000 rudal lagi ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Pasokan baru itu akan menambah jumlah total misil London untuk Kyiv menjadi 10.000 unit. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris akan mengirim 6.000 rudal kepada militer Ukraina untuk melawan invasi Rusia . Rencana pengiriman itu akan menambah jumlah pasokan misil London ke Kyiv menjadi sekitar 10.000 unit sejak invasi dimulai.

Komitmen London untuk memasok misil itu disampaikan Perdana Menteri Boris Johnson pada Rabu malam. Selain senjata, kata dia, London juga akan memberikan bantuan keuangan ÂŁ25 juta (Rp473,5 miliar).

Pengumuman dari Johnson muncul pada malam menjelang KTT NATO dan G7 yang akan membahas invasi Rusia.

"Pemimpin Inggris akan mendesak sekutu Barat untuk meningkatkan kecepatan dalam tanggapan mereka terhadap tindakan Moskow, termasuk dengan memberikan dukungan defensif yang ditingkatkan ke Ukraina dan menggandakan sanksi ekonomi [kepada Moskow]," kata kantor PM Johnson dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Kamis (24/3/2022).



Johnson akan merinci niat London untuk bekerja dengan mitra guna meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina, termasuk penargetan dan intelijen jarak jauh.

“Kami tidak bisa dan tidak akan berdiam diri sementara Rusia menghancurkan kota-kota Ukraina menjadi debu,” kata Johnson.

“Inggris akan bekerja dengan sekutu kami untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam pertarungan ini.”

Johnson menambahkan komunitas internasional menghadapi pilihan untuk menjaga "api kebebasan tetap hidup di Ukraina" atau mempertaruhkannya "padam di seluruh Eropa dan dunia".

London telah memberi Kyiv lebih dari 4.000 senjata anti-tank, termasuk Next-Generation Light Anti-Tank Weapons Systems (NLAWs) dan apa yang disebut rudal Javelin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)