Polandia Usir 45 Diplomat Rusia

Kamis, 24 Maret 2022 - 03:26 WIB
loading...
Polandia Usir 45 Diplomat Rusia
Polandia mengusir 45 diplomat Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WARSAWA - Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan telah mengusir 45 diplomat Rusia yang diduga bekerja untuk intelijen negara itu. Namun Rusia mengatakan tuduhan itu tidak berdasar.

Hubungan antara Rusia dan negara-negara Eropa Tengah yang pernah menjadi bagian dari lingkup pengaruhnya telah lama penuh gejolak tetapi invasi ke Ukraina telah secara signifikan meningkatkan ketakutan dan kecurigaan tentang niat Moskow.

"Secara keseluruhan, 45 orang dengan status diplomatik yang berbeda-beda...diperintahkan untuk meninggalkan wilayah Republik Polandia dalam waktu 5 hari," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Polandia Lukasz Jasina dalam konferensi pers.



"Satu orang diberi waktu 48 jam untuk pergi," tambahnya.

"Rusia adalah tetangga kami, tidak akan hilang dari peta Eropa, tetapi agresi terhadap Ukraina membuktikan bahwa Rusia adalah negara yang tidak ramah, dan bahkan memusuhi Polandia," ujarnya seperti dilansir dari Reuters, Kamis (24/3/2022).

Ia mengatakan 45 diplomat yang diusir mewakili sekitar setengah dari mereka yang saat ini bekerja di kedutaan Besar Rusia.

Sebelumnya, Juru Bicara Layanan Khusus Stanislaw Zaryn mengatakan kepada wartawan bahwa 45 orang diplomat Rusia telah diidentifikasi oleh Badan Keamanan Dalam Negeri Polandia bekerja untuk intelijen Moskow.



Duta Besar Rusia untuk Warsawa telah dipanggil ke Kementerian Luar Negeri Polandia. Setelah itu, dia mengatakan tidak ada dasar tuduhan terhadap pejabat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)