Dubes Rusia untuk AS: Militerisasi Ukraina Ancam Keamanan Eropa dan Global

Rabu, 23 Maret 2022 - 12:31 WIB
loading...
Dubes Rusia untuk AS: Militerisasi Ukraina Ancam Keamanan Eropa dan Global
Tentara Rusia menghancurkan tank Ukraina di Volnovakha. Foto/sputnik
A A A
WASHINGTON - Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoly Antonov memperingatkan bahwa memasok Ukraina dengan senjata dan tentara bayaran asing adalah sembrono dan berbahaya, karena dapat membahayakan tidak hanya Eropa, tetapi seluruh dunia.

Dia meminta para politisi AS yang membuat keputusan untuk memasok senjata ke Kiev "untuk menyingkirkan ilusi dan kepuasan diri" karena AS juga melihat senjata jatuh ke tangan para ekstremis di wilayahnya sendiri.

“Memompa rezim Kiev dengan senjata dan mengirim tentara bayaran asing ke wilayah Ukraina tidak bertanggung jawab dan sangat berbahaya. Militerisasi Ukraina secara langsung mengancam keamanan Eropa dan global,” tegas Antonov dalam posting di Telegram, dilansir Sputnik pada Rabu (23/3/2022).



Sebagian besar persenjataan, menurut Antonov, akan berakhir di tangan para penjahat, Nazi, dan teroris.



"Sekarang, dalam mengejar keuntungan finansial, perusahaan sektor industri pertahanan telah benar-benar kehilangan pedoman moral mereka dan siap mendapatkan uang dari darah. Kami mendesak sponsor rezim Kiev berhenti mendorong pertumpahan darah di Ukraina dan serius memikirkan konsekuensi dari kegiatan mereka,” ujar diplomat Rusia itu.



Antonov juga merenungkan apakah Barat menyadari bahwa "preman" yang datang dari seluruh dunia untuk berperang di Ukraina dapat menggunakan pengalaman militer efektif mereka "di mana saja, termasuk saat kembali ke negara asal."

Diplomat Rusia itu menyebut negara-negara anggota NATO "telah melupakan bagaimana Amerika Serikat menghabiskan puluhan tahun mencari manpad (sistem pertahanan udara portable) yang diserahkan kepada Mujahidin Afghanistan di seluruh Timur Tengah pada 1980-an."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)