4 Perang Paling Singkat di Dunia, Nomor 1 Hanya 38 Menit

Senin, 21 Maret 2022 - 16:02 WIB
loading...
4 Perang Paling Singkat di Dunia, Nomor 1 Hanya 38 Menit
Tank-tank Israel mendekati Dataran Tinggi Golan saat Perang Enam Hari antara pasukan Israel dan Arab, 10 Juni 1967. Foto/ britannica.com
A A A
TEL AVIV - Perang selalu menimbulkan kerugian bagi kedua pihak yang bertempur, termasuk kehilangan banyak nyawa. Suatu perang biasanya berawal dari konflik yang tidak berkesudahan lalu pecah dengan adu militer selama beberapa tahun.

Namun, dalam catatan sejarah, ada juga perang yang berlangsung kurang dari satu bulan, atau bahkan sekitar satu jam saja. Berikut ini adalah perang-perang tersingkat di dunia.

1. Perang Anglo-Zanzibar (38 Menit)

Perang ini terjadi pada 27 Agustus 1986. Semua bermula dari wafatnya Sultan Hamad bin Thuwaini, raja dari Kesultanan Zanzibar di Afrika Timur yang merupakan sekutu Inggris.

Takhta yang kosong ini kemudian diisi Pangeran Zanzibari Khalid bin Barghash. Duduknya Khalid di kursi sultan memicu protes dari pihak Inggris.

Hal ini dikarenakan seluruh perihal Kesultanan Zanzibar, termasuk pergantian takhta, harus melewati izin mereka dulu.

Perbedaan pendapat itu akhirnya membuat Khalid mengerahkan lebih dari 1.000 orang pasukan militer untuk melawan Inggris.

Perang tersebut terjadi pada pukul 09.02 dan berakhir pada 09.40 waktu setempat. Inggris berhasil menaklukkan pasukan Zanzibar.

Kekalahan yang diderita membuat Sultan Khalid kabur ke Afrika Timur. Perang tersebut menyebabkan 500 orang tewas dari pihak Zanzibar sementara satu prajurit Inggris terluka.

2. Perang Honduras-El Salvador (4 Hari, 4 Jam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)