Assad Kunjungi UEA, Lawatan Pertama ke Negara Arab Sejak Pecah Perang Suriah

Sabtu, 19 Maret 2022 - 11:00 WIB
loading...
Assad Kunjungi UEA, Lawatan Pertama ke Negara Arab Sejak Pecah Perang Suriah
Assad Kunjungi UEA, Lawatan Pertama ke Negara Arab Sejak Pecah Perang Suriah. FOTO/Reuters
A A A
DUBAI - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) pada Jumat (18/3/2022). Ini merupakan kunjungan pertama Assad ke negara Arab sejak perang Suriah dimulai pada 2011.

Assad bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan yang "menekankan bahwa Suriah adalah pilar fundamental keamanan Arab. UEA ingin memperkuat kerja sama dengannya, kantor berita negara Emirat (WAM) melaporkan.

Baca: Assad Normalisasi Hubungan dengan Negara-negara Arab, AS Hadapi Dilema

Satu-satunya perjalanan Assad ke luar Suriah selama perang adalah ke Iran dan Rusia, sekutu dekat yang dukungan militernya membantunya membalikkan keadaan melawan musuh-musuh Suriah yang telah didukung oleh pemerintah, termasuk negara-negara Teluk yang bersekutu dengan AS.

Sebuah video yang diposting oleh WAM menunjukkan Assad tersenyum ketika dia berdiri di samping Sheikh Mohammed di depan bendera Suriah dan Emirat, serta memberi isyarat dan tersenyum selama pembicaraan.

Amerika Serikat (AS) telah menentang upaya untuk menormalkan hubungan dengan Assad atau merehabilitasi dia sampai kemajuan dibuat menuju solusi politik untuk konflik, yang telah menewaskan ratusan ribu orang sejak aksi demonstrasi berubah jadi pemberontakan melawan Assad.

Baca: Rezim Assad Danai Perang Suriah Lewat Kedutaan Besarnya di Eropa

Washington menyatakan keprihatinannya pada November ketika menteri luar negeri UEA mengunjungi Damaskus dan bertemu Assad. Tetapi, Washington telah mengikis modal politiknya dengan Riyadh dan Abu Dhabi, dengan tidak mengindahkan kekhawatiran mereka tentang saingan regional, Iran.

WAM mengatakan, kedua pihak menekankan "pemeliharaan integritas wilayah Suriah dan penarikan pasukan asing" dari negara yang terfragmentasi, di mana Rusia, Iran, Turki dan Amerika Serikat semuanya memiliki kehadiran militer.

“Mereka juga membahas dukungan politik dan kemanusiaan untuk Suriah dan rakyatnya untuk mencapai solusi damai untuk semua tantangan yang dihadapinya,” WAM melaporkan.

Baca: AS Tegaskan Tak Berniat Normalisasi Hubungan dengan Bashar Al-Assad

WAM juga melaporkan, Sheikh Mohammed menyatakan keinginannya bahwa kunjungan ini akan membuka jalan bagi kebaikan, perdamaian dan stabilitas untuk menang di Suriah dan seluruh wilayah". Assad menjelaskan kepadanya tentang perkembangan terakhir di Suriah.

Assad juga bertemu dengan penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, kata kepresidenan Suriah dalam sebuah pernyataan. Pertemuan tersebut menandai yang terbaru dalam serangkaian tawaran diplomatik yang menunjukkan pergeseran yang sedang berlangsung di Timur Tengah, di mana beberapa negara Arab menghidupkan kembali hubungan dengan Assad.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1488 seconds (10.177#12.26)