AS Tak Tertarik untuk Perang Dunia III dengan Rusia

Kamis, 17 Maret 2022 - 08:06 WIB
loading...
AS Tak Tertarik untuk Perang Dunia III dengan Rusia
Amerika Serikat menyatakan tidak tertarik masuk Perang Dunia III dengan Rusia terkait dengan invasi Moskow di Ukraina yang tak kunjung berhenti. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat (AS) tidak tertarik pada Perang Dunia III dengan Rusia terkait invasi Moskow yang tak kunjung berhenti di Ukraina .

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki menyampaikan hal itu terlepas dari permohonan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Kongres AS agar Washington memberlakukan zona larangan terbang di Ukraina.

Presiden AS Joe Biden kembali tidak tergerak oleh permohonan terbaru Zelensky tersebut, dengan pandangannya bahwa langkah seperti itu akan membawa terlalu banyak risiko memicu Perang Dunia III dengan Rusia.



“Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, zona larangan terbang akan membutuhkan implementasi,” kata Psaki kepada wartawan pada Rabu waktu Washington.

“Itu akan memerlukan kami untuk berpotensi menembak jatuh pesawat Rusia, NATO menembak jatuh pesawat Rusia," ujarnya.

"Kami tidak tertarik masuk ke Perang Dunia III," imbuh Psaki.

Komentar Psaki muncul sebagai tanggapan terhadap seorang jurnalis yang bertanya—sehubungan dengan pidato Presiden Zelensky pada hari Rabu di Kongres AS—apakah ada skenario di mana Biden akan berubah pikiran tentang memberlakukan zona larangan terbang untuk membantu melindungi Ukraina dari serangan Rusia.

Psaki mengatakan Biden menyaksikan pidato Zelensky dan menganggapnya "bersemangat dan kuat". "Tetapi presiden AS membuat keputusan melalui prisma keamanan nasional kami sendiri," ujarnya.

Zelensky berbicara kepada anggota Kongres melalui tautan video, menyamakan krisis saat ini di Ukraina dengan serangan Jepang pada Desember 1941 di Pearl Harbor dan serangan teroris 11 September 2001 di New York dan Washington.

"Sama seperti tidak ada orang lain yang mengharapkannya, Anda tidak bisa menghentikannya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)