Eks Menlu Rusia: Putin Tes Taktik Pemerasan Nuklir dalam Perang Ukraina

Rabu, 16 Maret 2022 - 00:53 WIB
loading...
Eks Menlu Rusia: Putin Tes Taktik Pemerasan Nuklir dalam Perang Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklir dalam siaga tinggi ketika Moskow menginvasi Ukraina. Langkah Putin ini dianggap sebagai taktik pemerasan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Andrei V. Kozyrev menuduh Presiden Vladimir Putin sedang menguji taktik "pemerasan nuklir" dalam perang Ukraina .

Dalam serangkaian tweet hari Senin, bekas diplomat top Rusia yang kini tinggal di Amerika Serikat (AS) itu juga memperingatkan risiko Perang Dunia III akan meningkat jika kekuatan lawan "berkedip" pada ancaman Putin.

Kozyrev menjabat sebagai Menlu Rusia di era Presiden Boris Yeltsin, dan sejak itu dia menjadi kritikus terkemuka Putin.

Dalam wawancara 4 Maret dengan CNN, dia sangat blakblakan menentang perang di Ukraina, yang dia sebut sebagai tindakan barbar dari pihak Putin.



Pada 27 Februari, Putin memerintahkan militer Rusia untuk menempatkan pasukan nuklir mereka ke dalam layanan tempur khusus, sebuah peringatan yang ditingkatkan yang merupakan tingkat kedua dari empat level dan belum digunakan selama hampir 40 tahun.

Di Twitter, Kozyrev menjelaskan mengapa dia merasa Putin akan mengisyaratkan ancaman penggunaan senjata nuklir.

"Untuk Putin dan tim mantan perwira KGB-nya, Perang Dingin tidak pernah berakhir," tulis Kozyrev.

"Runtuhnya Uni Soviet hanyalah satu pertempuran yang hilang dalam kontes yang sedang berlangsung."

"Minggu lalu, saya membaca kritik terhadap posisi saya tentang rasionalitas Putin dan kemungkinan perang nuklir. Banyak yang tidak cukup realistis tentang ancaman nuklir atau tanggapan yang tepat," papar Kozrev.

“Pencegahan nuklir didasarkan pada keyakinan bahwa setiap serangan dengan senjata nuklir akan segera memicu respons serupa. Selama lebih dari 70 tahun, keyakinan ini—keseimbangan ketakutan—dibagikan oleh kekuatan nuklir dan menjauhkan Perang Dunia III,” lanjut dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)